rhubarb aka klembak?

rhubarb memiliki nama latin Hyssopus officinalis. tanaman ini mungkin kurang akrab di telinga orang indonesia, demikian pula saya. saya mencari padanan kata rhubarb dalam bahasa indonesia dan ternyata ada, di indonesia rhubarb dikenal dengan nama klembak (saya bahkan merasa lebih asing lagi dengan istilah klembak ini). 

rhubarb sendiri berasal dari barat laut Cina dan Tibet. Tanaman ini telah digunakan dalam pengobatan kurang lebih telah mencapai waktu 2.000 tahun lamanya. Penggunaannya secara bertahap menyebar melalui India, mencapai Eropa selama masa Renaisance melalui Asia Kecil. 

saya sendiri belum pernah merasakan rhubarb, tetapi perlu juga sesekali dicoba untuk dikonsumsi dan diolah dalam bentuk masakan. katanya sih rasanya manis dan segar. hihihi saya malah membayangkan rhubarb itu seperti honje, sejenis tanaman yang biasa digunakan untuk penyedap rujak manis di jawa barat, padahal sebenarnya berbeda. 
Honje hutan alias kecombrang

rhubarb aka klembak?


rhubarb mengandung senyawa antibakteri yang membantu tubuh untuk melawan sekaligus menyingkirkan berbagai jenis infeksi. Kandungan vitamin C dan seratnya juga tinggi sehingga bisa menjadi pilihan terbaik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah anda terkena berbagai penyakit di antaranya sembelit dan penyakit jantung. 

meskipun banyak manfaatnya, jika anda penderita asam urat atau rentan mengalami asam urat, jangan banyak-banyak mengonsumsi ini atau malah hindari sama sekali karena tanaman ini juga mengandung asam oksalat yang dapat memperparah penderitaan yang telah anda alami atau justru membuat asam urat anda kambuh lagi.

sumber tulisan
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Honje_hutan
  2. http://www.mediaindonesia.com/mediakuliner/index.php/read/2010/04/12/180/2/Rhubarb-Si-Batang-Manis
  3. http://us.health.detik.com/read/2010/04/21/173028/1342854/769/herbal-klembak
  4. the top immunity booster – duncanbaird – yang akan diterbitkan oleh tiga kelana (hihihi, saya penerjemahnya)

7 thoughts on “rhubarb aka klembak?

  1. Rasanya ada di buku…Resep Perkawinan Sempurna? *mengorek-orek ingatan*
    Tahun 80-an juga ada istilah ‘bubur kelembak’, hihihi….ternyata ini toh wujudnya.
    Terima kasih Nur, aku sedang baca novel berbau pembuatan kue. Berhubung aku tidak suka masak, tidak mau repot-repot mencari tahu seperti apa walaupun dalam hati bertanya-tanya juga:))

    • yup, memang ada di buku resep perkawinan sempurna, resep dari neneknya tentang keik rhubarb. hehehe, aku malah belum tau ada bubur kelembak, tapi pas di-searching lagi, ternyata rhubarb itu bukan benar-benar kelembak, di indonesia kelembak biasa buat teman bikin rokok yang pake daun jagung alah.. apa ya namanya aku lupa… sip sama-sama mbak rin🙂

  2. Ibu ysh., saya mahasiswa S2 Penerjemahan UI sedang menulis tesis mengenai penerjemahan istilah kuliner di program televisi Asian Food Channel. Saya mungkin akan mengambil sumber dari blog ibu dan apakah saya juga bisa kontak ibu secara langsung? Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

