zingy

kata zingy biasanya dipadankan dengan jahe (termasuk keluarga zingiberaceae) mungkin dari sanalah asal katanya, mengingat jahe sendiri padanan bahasa inggrisnya adalah ginger. awalnya saya merasa asing dengan istilah ini, tetapi lama kelamaan saya jadi mengenalnya dengan baik.

menurut www.thefreedictionary.com, saya menemukan terjemahan zingy sebagai berikut, 

zing·y  (zng)

adj. zing·i·er, zing·i·est Informal
1. Pleasantly stimulating: “The times are good. The living is easy. The vibes are zingy” (Saturday Review).
2. Exceptionally attractive or appealing: a zingy gown.
 
yang terjemah tekstualnya adalah rasa yang menyenangkan atau atraktif dan menarik. tapi jika dikaitkan dengan makanan dalam buku yang sedang saya terjemahkan, tentunya tidak akan nyambung. selama beberapa hari, bengong memikirkan apa makna zingy ini agar lebih pas. dan tibalah saat itu, muncul tiba-tiba kata semriwing. memang bukan bahasa indonesia yang baku, karena mencari di kamus pun bahkan tesaurus indonesia saya tidak menemukannya, tetapi saya merasa zingy berjodoh dengan semriwing.

zingy
 
terjemahan final 
 
semriwing

Tinggalkan Balasan

