brocolli

brokoli dalam kuntum besar (big floret)

dalam salah satu buku yang saya terjemahkan dalam resepnya. dituliskan

brocolli cut into florets

ding… saya bingung. tapi terbayang bahwa brokoli itu akan tampak seperti ini.

saya lupa kata kuntum sebagai terjemahan dari florets. saya pun ubek-ubek lah kamus dan website masakan milik para pesohor blogger masakan di indonesia.  brokoli biasanya memang dipotong sesuai kuntum kecilnya dari kuntum besar yang terdiri atas kuntum-kuntum kecil. jadilah saya menerjemahkannya menjadi,

potong brokoli sesuai kuntum

awalnya mau menggunakan istilah belah, tapi konotasi belah yang ada di benak adalah potong menjadi dua. brokoli kan tidak dipotong jadi dua, melainkan dipotong berdasarkan kuntum kecilnya. trus sempat juga berpikir menggunakan kata iris, tetapi konotasi arti iris dalam benak saya adalah menyisir halus.

jadi, terjemahan final

potong brokoli sesuai kuntum

 

sekilas info tentang brokoli si super vegetable

brokoli adalah salah satu jenis sayuran super karena kandungan antioksidannya yang tinggi. sayuran ini banyak mengandung senyawa fitokimia indol dan isotiosianat, yang mengandung sulfur, dan sulfur adalah salah satu mineral penting untuk pembentukan asam amino yang bersulfur. senyawa fitokima dalam brokoli ini ditengarai (setelah diuji dalam berbagai penelitian) berkhasiat untuk pencegahan terhadap kanker, penyakit jantung, dan stroke.

selain itu, brokoli juga mengandung senyawa glukosinolat yang diketahui dapat menurunkan perkembangan penyakit kanker, seperti kanker usus, prostat, dan lambung. menurut penelitian di Parma, Italia mengolah brokoli dengan cara mengukusnya dapat meningkatkan kandungan glukosinolat. namun, jika brokoli dimasak dengan teknik lain, seperti digoreng, justru akan mengurangi kandungan zat tersebut.

brokoli diketahui mengandung sulforaphane alami yang merupakan fitokimia keluarga dari isotiosianat yang berikatan dengan molekul gula. Selain itu, kandungan vitamin C, K, A, B kompleks yang tinggi, brokoli juga kaya akan mineral kalium, magnesium, mangaan, seng, dan kalsium.  karena itu, untuk sayuran brokoli ini termasuk sayur juara karena memiliki double weapon untuk melawan kanker dan beberapa penyakit degeneratif lainnya seperti diabetes, stroke, dan penyakit jantung.

6 thoughts on “brocolli

  1. Oh, itu per kuntum…baru tahu:))
    Cuma bisa makannya, gak bisa masak tea, hihihi…
    Nuhun, Nur.:D

    • wah, memang enak ya daun brokoli dimasak. wah baru denger niy. boleh dicoba dimasakin buat suami, kali aja dia suka.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s