boneless and skinless chicken breast

istilah boneless and skinless chicken breast ini akan sering ditemukan dalam buku-buku masakan. istilah ini dapat diterjemahkan sebagai dada ayam tanpa kulit dan tanpa tulang tambahan less pada pada kata tersebutlah yang menarik. terdapat beberapa padanan less dalam kamus collins essential thesaurus

less adjective 1 = smaller, shorter, slighter # adverb 2 = to a smaller extent, barely, little, meagerly # preposition 3 = minus, excepting, lacking, subtracting, without.

mengingat less yang digabungkan dengan kata tertentu berarti preposisi maka less di sana berarti tanpa. anda tinggal menambahkan kata tanpa atau menyesuaikan padanannya dalam thesaurus indonesia, seperti mengganti kata tanpa dengan nir, minus, dan kurang. jika membuka kamus besar bahasa indonesia, bisa juga memilih kata tidak ber- atau tidak dengan. padanan makna less sebagai preposisi tersebut mana yang dipilih tentunya harus disesuaikan dengan kalimat dan “keenakan” pemilihan dan selera penerjemah. (tanpa menanggalkan tata bahasa indonesia).

dalam menerjemahkan kata boneless dan skinless, saya lebih menyukai padanan makna tanpa karena rasa bahasanya lebih enak dibaca. dan dalam buku-buku masakan berbahasa indonesia, ketika menonton acara memasak, atau isi blog dari pesohor blog masakan seperti mas budi sutomo, juga memilih kata tanpa kulit alih-alih tidak berkulit untuk dada ayam. bisa dibandingkan sendiri rasa bahasanya.

sekilas informasi tentang ayam

yuk, kita gali sedikit informasi tentang daging ayam. daging ayam berwarna putih dan lebih banyak dianjurkan untuk dikonsumsi (selain ikan) daripada daging merah. menurut beberapa sumber, risiko bahayanya lebih sedikit daripada daging merah (hewan berkaki empat). meskipun sebenarnya pasti ada bahayanya juga terutama ayam pedaging aka broiler yang diduga banyak disuntikkan hormon penggemuk agar massa dagingnya lebih besar. (ah kalau sudah masalah begini, saya juga jadi suka bingung).

meskipun demikian, hal yang terpenting dalam pemilihan konsumsi daging adalah bijaksana dalam jumlah konsumsinya. jangan terlalu banyak dan terlalu sering, seminggu sekali untuk masing-masing jenis daging, baik daging merah atau putih. kembali ke kisah daging ayam, saya lebih memilih menguraikan manfaatnya saja daripada yang buruk-buruknya. tetapi memang yang terbaik adalah memilih daging ayam kampung dan ayam organik daripada ayam pedaging karena lebih terjaga makanannya dan lemaknya pun lebih sedikit.

saya akan menyarikan sedikit manfaat dan kandungan gizi daging ayam dari buku the top 100 yang saya terjemahkan. ayam mengandung protein yang tinggi dan lemak yang rendah sehingga membuatnya sangat baik dan berkontribusi besar untuk pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh dan pergantian sel kulit. daging ayam mengandung mineral selenium, salah satu antioksidan ampuh yang bisa membantu mencegah terjadinya keriput dan membuat rambut anda tetap bercahaya.

selain itu, kandungan lisinnya juga melimpah. lisin adalah salah satu asam amino yang berperan penting dalam mencegah dan menurunkan efek bahaya dari radang dan salesma akibat virus. kandungan vitamin b3 dan b6 dalam daging ayam juga membantu dalam pemeliharaan sel saraf dan sel kulit. selain itu, kandungan zat besi dan mineral seng yang ada di daging ayam akan meningkatkan energi dan kekebalan tubuh – yang mana kandungannya dua kali lebih banyak terdapat pada daging di bagian dada. daging dada, khususnya, banyak mengandung vitamin b6 yang dapat melindungi jantung.

nah, kalo dada ayam dipanggang seperti ini kemudian dicocolkan ke sambal kecap dengan cabe rawit, yummy. pasti lezat sekali ya.

2 thoughts on “boneless and skinless chicken breast

  1. nice post. aku sependapat sama mba nur, kalau memakai “nirtulang” kayaknya kurang sreg… btw, alinea yang terakhir bikin aku laper, mba🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s