hempseed a.k.a fumayin?

ketika sedang menerjemahkan buku The Top 100 Healing Foods; 100 Makanan yang Berkhasiat untuk Menyembuhkan, Menyehatkan dan Menambah Vitalitas karya Paula Bartimeus, saya menemukan istilah hempseed. dong dong dong… apa itu… berburulah saya ke kamus, googling, bahkan kateglo. prof google mengantarkan saya ke forum pecinta burung. di sanalah saya menemukan makna istilah hempseed.

awalnya saya ingin membiarkannya dalam istilah aslinya, tapi tak ada salahnya mencoba, jikapun nanti editornya memutuskan untuk tetap menggunakan istilah aslinya, saya kira itu bukan masalah. dalam forum pecinta burung tersebut, hempseed dikenal sebagai fumayin, itu merupakan salah satu jenis biji yang digunakan dalam komponen pakan burung. dan itu dikenal berkhasiat untuk menjadikan agar burung lebih sehat.

jadilah saya memutuskan untuk menerjemahkan hempseed menjadi fumayin. dan alhamdulillah editornya setuju dengan keputusan saya.

mari kita ulas sedikit tentang fumayin ini.

secara kandungan gizinya, biji ini termasuk sumber asam lemak esensial terbaik yang pernah ada (tidak heran juga mengapa fumayin dijadikan salah satu komponen pakan burung untuk menjadikannya lebih sehat). asam lemak omega tiga dan enamnya, rasionya seimbang. kedua asam lemak tersebut penting karena nantinya akan dikonversi oleh tubuh menjadi prostaglandin, sebuah substansi mirip hormon yang penting untuk berbagai pengaturan fungsi tubuh seperti pertumbuhan, vitalitas, dan kesehatan mental.

biji ini juga berkhasiat untuk dikonsumsi mereka yang menderita penyakit kulit seperti eksem atau berbagai penyakit kulit lainnya. selain itu kandungan protein fumayin juga tidak kalah bagusnya dibandingkan dengan protein pada daging, ikan, dan telur.

NB. informasi tambahan

setelah di-googling lagi, ternyata nama latin hempseed adalah Cannabis sativa dan itu adalah nama latin dari tanaman ganja. rupanya ketika saya melakukan riset dalam penerjemahan buku ini tidak terlalu mendalam, jadi saya tidak ngeh kalau ternyata hempseed adalah biji ganja. jadi mungkin alih-alih fumayin, harusnya diterjemahkan kah menjadi biji ganja?

 

4 thoughts on “hempseed a.k.a fumayin?

  1. Menurutku ‘fumayin’ saja sudah cukup, Nur. Kalau ‘biji ganja’ kan konotasinya negatif sedangkan ini buku kesehatan dan diharapkan bisa dikonsumsi semua kalangan. CMIIW:)

    • iya mbak, setuju. ini jadi tambahan informasi saja bagi para pembaca.🙂. alhamdulillah blognya sudah pulih. makasih atas bantuannya ya mbak rin.🙂

  2. hemp seed = biji rami bukan biji ganja berbeda ya .

    Hempseed bukanlah ganja, meskipun keduanya dikategorikan sebagai Cannabis Sativa.
    Ganja memiliki potensi rata-rata 5-15% THC (Tetrahydrocannabinol, zat kimia yang bersifat psikoaktif).
    Sedangkan Hempseed memiliki kurang dari 0,3% THC, pada persentase ini Hempseed tidak memiliki sifat psikoaktif.

Tinggalkan Balasan

