delima atau buah pome?

belakangan ini, ah tidak sudah agak lama, buah delima muncul lagi ke permukaan. kepopulerannya mulai meningkat setelah banyak iklan yang menayangkannya. alih-alih memperkenalkannya sebagai delima, yang muncul dalam iklan televisi malah mengganti nama delima menjadi buah pome. dalam bahasa inggris, delima dikenal dengan nama pomegranate, dinamai demikian karena bentuknya seperti granat.

pada dasarnya delima dan buah pome itu sama saja. jika kembali ke kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar, tentunya penggunaan istilah delima akan lebih bijaksana daripada memilih menggunakan istilah buah pome. bisa jadi pemilihan kata buah pome, lebih ke arah tampak lebih elegan dan bergengsi (benarkah?) saya kira tidak juga. masalah penggunaan buah pome atau delima, kembali kepada kesukaan masing-masing. kalau saya akan lebih memilih delima. kenapa? karena saya merasa itu adalah nama yang sangat cantik dan indah. betul tidak?🙂

yuk, kita berkenalan secara mendalam tentang si delima ini

buah ini sudah mulai jarang ditemukan di pasar-pasar tradisional. kalaupun ada, harganya lumayan mahal. jika kita rajin mengamati pekarangan orang lain, bisa jadi kita melihat salah dua atau tiga rumah yang masih memiliki tanaman delima. sedekat yang saya tahu, masih sedikit orang yang mempunyai perkebunan delima.

ketika kita mengonsumsi delima, butuh perjuangan kesulitan tersendiri karena isinya berupa butiran-butiran kecil dan berbiji pula. jika kita memakannya, saya sih membayangkan ekspresi wajah dengan pergerakan mulut yang unik karena harus memilih dan memilah mana biji dan mana isi. jika tidak mau repot, ya kita tinggal menelan semuanya. toh pada akhirnya, biji yang tidak tercerna itu akan keluar juga melalui feses.🙂

jika kita amati, delima ada dua jenis, delima merah dan delima putih. delima merah mengandung antioksidan lebih banyak daripada yang putih. secara nutrisi, delima adalah salah satu buah sumber antioksidan terkuat di antara buah yang ada. kandungan antioksidan terbesar adalah asam elagik yang berkhasiat sebagai antikarsinogen dan antipenyakit jantung. selain itu, kandungan antioksidan yang ada dalam delima bisa menjadi perisai pelindung tubuh dari serangan berbagai antioksidan yang bisa merusak sel-sel tubuh, termasuk kulit.

kandungan gizi yang terdapat dalam delima di antaranya vitamin B1, B3, C, kalsium, fosfor dan asam elagik.

jika ada delima dekat rumah anda, tidak ada salahnya untuk memakannya. tambahkan jus jeruk, lemon, madu, jika suka tambahkan soda, lalu masukkan bulir-bulir delima ke dalamnya. tambah es sedikit. minum pada siang hari yang panas. wah, sepertinya segar sekali ya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s