tentang makanan afrodisiak

ini postingan agak nakal, ya, isinya. yah, bergantung sudut pandangnya, sebenarnya. saya akan mengulas sedikit tentang makanan afrodisiak ini. sebenarnya ini adalah sedikit cuplikan dari naskah yang pernah saya tulis dahulu. sempat ingin diterbitkan oleh salah satu penerbit, tetapi batal karena penerbit tersebut mengalami gangguan cashflow, jadilah saya tarik kembali naskah tersebut. selain itu, saya juga agak kurang pede dengan isinya, mengingat untuk beberapa bagian dari naskah tersebut saya ambil dari salah satu blog yang spesifik mengenai seks. blog ini mengkaji tentang seks secara ilmiah sehingga saya tidak merasa jorok atau tabu ketika membacanya.

dalam proses penerbitan buku itu dahulu, saya sebenarnya ingin menghubungi pemilik blog tersebut, tetapi mengingat blog itu anonim, tidak jelas siapa penulisnya, dan tidak ada yang bisa saya hubungi, jadilah saya tidak menghubunginya. (padahal bisa saja sebenarnya komen di sana, hehehe). karena itulah, saya juga merasa cukup beruntung naskah itu tidak jadi diterbitkan. mengapa? karena saya bisa terjebak pada plagiasi, bukan. jadi, barangkali ada pembaca di sini yang berasal dari penerbit, dan tertarik untuk menerbitkan buku tentang makanan afrodisiak yang saya tulis dan beberapa yang saya ambil dari blog http://www.vitasexualis.wordpress.com… hehehe… dengan bahagia gembira saya siap menerima tawarannya (saya akan mengirimkan naskahnya untuk diperiksa ^_^)… dan untuk pemilik blog http://www.vitasexualis.wordpress.com, saya tunggu kabarnya.🙂

postingan ini saya bagi menjadi tiga bagian agar tidak terlalu panjang.

  1. tentang makanan afrodisiak
  2. rahasia di balik keampuhan makanan afrodisiak
  3. aspek keamanan afrodisiak sintetis

Saat ini banyak beredar artikel dan buku-buku tentang cara membangkitkan gairah seksual, salah satunya yang sering dibicarakan adalah konsumsi makanan afrodisiak. Afrodisiak adalah bahan yang bisa berfungsi meningkatkan libido atau gairah. Sejatinya, nama ini berasal dari kata Aphrodite yang berarti dewi kecantikan dan cinta dalam mitologi Yunani.

gambar diambil dari http://www.gorgoda.com

Meskipun masih belum terdapat bukti ilmiah yang komprehensif tentang efektivitas afrodisiak terhadap pengobatan disfungsi ereksi. Namun, diasumsikan afrodisiak relatif lebih aman dibandingkan obat kimia. Sebab sifatnya memupuk dan menyirami, tidak memaksa seperti obat-obatan kimia.

Secara ilmiah dalam banyak hal, fungsi seks dipengaruhi oleh kelenjar endokrin yng menghasilkan hormon reproduksi. Untuk menghasilkan hormon tersebut diperlukan makanan yang bergizi. Fungsi seks dan reproduksi akan berjalan baik jika kita dapat memenuhi kebutuhan gizi tersebut karena stamina tubuh yang kuat akan memperlancar aliran darah dan metabolisme tubuh. Efeknya tentu akan baik bagi kelanggengan hubungan intim antara suami dan istri.

gambar diambil dari http://media.vivanews.com

Jika kembali pada makanan, topik selanjutnya adalah zat gizi yang penting untuk menghasilkan fungsi seks dan reproduksi yang baik. Fungsi seks dan reproduksi yang baik barua kaan berjalan dengan bik jika kita dapat memenuhi kecukupan vitamin B, asam pantotenat, niasin, vitamin E, dan zinc. Jika asupan gizi tersebut kurang, akan muncul gangguan seperti tidak berkembangnya organ seks, menopause yang terlalu dini, dan impotensi.

ada yang berpendapat bahwa cula badak memiliki khasiat afrodisiak karena bentuknya yang mirip dengan organ kelamin. Di Cina, cula badak merupakan salah satu komponen herbal tradisional yang dapat menurunkan demam, mengatasi disfungsi seksual, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Anggapan tidak hanya berlaku pada cula badak, tetapi juga berlaku pada tanaman yang bentuknya mirip dengan organ kelamin seperti wortel, asparagus, dan mentimun. Anggapan tersebut bisa terbukti bisa juga tidak, tetapi beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan gizi yang terdapat pada makanan tersebut juga ternyata memiliki zat gizi yang berkhasiat sebagai afrodisiak.

Kelenjar adrenal yang juga menghasilkan hormon seks untuk aktivitasnya memerlukan vitamin A, niasin, vitamin C, dan asam lemak tak jenuh. Gangguan kelenjar adrenal dapat menyebabkan turunnya keinginan untuk melakukan aktivitas seks.

Testis pada lelaki menghasilkan testosteron dan sperma, perempuan pun menghasilkan tesetosteron. Hormon ini berperan merangsang gairah untuk bercinta. Vitamin A, C, E, dan asam folat bersama-sama dengan testosteron menghasilkan sperma. Sperma diketahui mengandung kalsium, magnesium, zinc, sulfur, vitamin B12, dan vitamin C. Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan degenerasi organ reproduksi. Konsumsi zinc yang tidak mencukupi dapat menyebabkan sperma menjadi kurang lincah dan infertil.

Kelenjar seks pada perempuan adalah indung telur (ovarium), menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini memerlukan vitamin B, asam folat, niasin, vitamin E dan zinc. Gangguan produksi estrogen dapat menyebabkan keterlambatan dewasa kelamin dan tidak berkembangnya organ reproduksi, termasuk buah dada.

Hormon-hormon seks memerlukan kolesterol, tapi tidak boleh mengonsumsinya berlebihan. Jika kita mengonsumsi vitamin B kompleks, vitamin E, magnesium, dan zinc; kolesterol dapat dimetabolisme oleh tubuh dengan baik. Infertilitas dapat terjadi pada pria maupun wanita dan hal in lebih sering disebabkan oleh defisiensi zinc.

Impotensi berkaitan erat dengan rendahnya konsumsi magnesium, seng, dan vitamin B6, di samping faktor lainnya seperti diabetes, konsumsi narkoba, alkohol dan tekanan emosional. Kemungkinan terganggunya penderita diabetes dalam melakukan hubungan seksual adalah karena aliran darah ke organ reproduksi tidak lancar. Padahal aliran darah yang baik menjadi prasyarat utama terjadinya ereksi.

Kadar histamin yang tinggi dalam darah dapat mempercepat ejakulasi pada lelaki, sedangkan histamin yang terlalu rendah menyebabkan gagalnya ejakulasi. Efek histamin pada perempuan adalah, jika kadar histaminnya rendah, dia akan sulit mengalami orgasme. Niasin dan asam folat dapat berfungsi meningkatkan kadar histamin dalam darah, sementara kalsium dan asam amino metionin dapat menurunkan histamin. Mereka yang sering mengalami ejakulasi dini dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi kalsium.

Makanan sehat mejadi penjaga libido tetap stabil. Tidak selalu harus jenis afrodisiak namun 5-9 sajian buah dan sayur setiap hari cukup menjaga stamina sehat. Vitamin dan antioksidan membantu menjaga aliran darah pada organ-organ seksual dan mengenyahkan beberapa jenis penyakit kronis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s