rambutan … musim rambutan … :)

mumpung sedang musimnya, tidak ada salahnya kita berbincang riang tentang rambutan. rambutan (Nephelii lappacei) ini termasuk buah musiman. biasanya mulai banyak ditemukan di pasaran pada bulan-bulan berhujan. dan sekarang sedang musimnya, sepanjang jalan kita akan banyak menemukan rambutan ini. pada saat yang bersamaan, selain rambutan, biasanya juga musim duku dan durian.

sumber gambar http://us.123rf.com

rambutan, termasuk tanaman tropis dan banyak ditemukan di wilayah asia tenggara. di indonesia sendiri, rambutan ada beberapa spesies. dari situs wikipedia, dituliskan bahwa departemen pertanian hingga 2005 (lama ya….) telah melepas beberapa varietas unggul rambutan seperti,

1. ‘Rapiah’ dari Pasarminggu,
2. ‘Bahrang’ dari Langkat,
3. ‘Lebakbulus’ dari Pasarminggu,
4. ‘Sibatuk Ganal’ dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan,
5. ‘Nona’ dari Kampar, Riau,
6. ‘Binjai’ dari Pasarminggu
7. ‘Antalagi’ dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan,
8. ‘Sibongkok’ dari Sungai Luhut, Kalimantan Selatan,
9. ‘Garuda’ dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan
10.’Tangkue Lebak’ dari Kecamatan Maja, Kalimantan Selatan,
11.’Narmada’ dari NTB,
12.’Kundur’ dari Riau

selain varietas di atas ada pula beberapa ras lokal seperti ‘Sinyonya’ dan ‘Sitangkue’ yang bagus untuk keperluan tertentu. kalau bicara tentang asal rambutan, kalau dari wikipedia indonesia disebutkan hanya berasal dari kepulauan asia tenggara, tetapi jika kita tengok wikipedia inggris, di sana dituliskan It is native to Vietnam, Indonesia, the Philippines, Sri Lanka, Malaysia, and elsewhere in Southeast Asia, although its precise natural distribution is unknown. tapi tidak diketahui asal asli rambutan ini.

rambutan dinamai begitu mungkin karena buahnya yang berambut pada bagian kulit penutup luarnya. tapi jika kulitnya sudah dibuang, daging buahnya berwarna putih dan rasanya manis. kalau soal jenisnya, seperti yang sudah diulas tadi, ada banyak sekali. tapi saya sih yakin, kalau pembeli akan lebih menyukai rambutan yang ngelotok, kering, tapi manis. rambutan yang banyak airnya dan tidak ngelotok, tidak terlalu jadi pilihan, kecuali tertipu penjualnya.😀.

panen rambutan

saya pernah menulis di buku what is in your food yang saya tulis dahulu kala.🙂. saya menuliskan dan mengasumsikan bahwa buah-buahan itu terbagi atas dua, pertama buah-buahan menurut musimnya alias hanya muncul pada bulan-bulan tertentu dan buah-buahan yang bisa diperoleh sepanjang tahun.

saya berasumsi, jika diperhatikan sebenarnya alam sudah mengatur waktu makan buah kita, kondisi musim, dan kesehatan kita. Musim pancaroba dan musim hujan umumnya masih berlangsung hingga Januari dan Februari. Dan pada bulan-bulan itu pula, rambutan sudah mulai banyak di pasaran. lalu saya mengaitkannya dengan jeruk.

apa hubungannya dengan jeruk? saya memilih untuk membandingkan kandungan gizi keduanya. terutama kandungan vitamin dan mineralnya. hasil pembandingan kandungan gizi antara jeruk dan rambutan, ternyata kedua buah itu cukup bersaing, bahkan untuk beberapa hal rambutan lebih unggul dibandingkan dengan jeruk.  ini tabel perbandingan kandungan gizi antara rambutan dan jeruk. sumbernya saya peroleh dari daftar komposisi bahan makanan dan food composition table asia tenggara yang dikeluarkan oleh fao.

Kandungan Gizi Jeruk Rambutan
Energi (Kal) 34 64
Air (mg) 90.4 82
Protein (mg) 0.5 1
Lemak 0.1 0.1
Karbohidrat total (termasuk serat) (mg) 8.7 16.5
Serat (mg) 0.3 1.1
Karbon (mg) 0.3 0.4
Kalsium (mg) 20 20
Fosfor (mg) 16 15
Zat Besi (mg) 0.2 1.9
Natrium (mg) 3 1
Kalium (mg) 139 64
B-Karoten Ekivalen (mg) 50 0
Tiamin (mg) 0.05 0.01
Riboflavin (mg) 0.03 0.06
Niasin (mg) 0.3 0.4
Vitamin C (mg) 32 53

saya berpendapat, jika selama ini asumsi yang berkembang adalah untuk mencegah flu sebaiknya kita mengonsumsi jeruk maka sebenarnya asumsi itu bisa diperluas karena ada banyak buah-buahan lain yang mengandung vitamin C yang mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Nah, pada bulan-bulan berhujan tersebut, rambutan bisa jadi alternatif pengganti jeruk yang baik dan murah (karena jika sudah musim, harga buah menjadi lebih murah) untuk menjaga stamina kita.

jadi, yuk, menikmati rambutan. segera datangi pasar atau mobil penjual rambutan untuk menikmati rambutan.

jangan lupa kirim-kirim saya, ya … hehehe.

3 thoughts on “rambutan … musim rambutan … :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s