one clove garlic

dalam bahasa inggris, setiap kata benda tertentu mempunyai pasangan kata yang spesifik, contohnya a loaf of bread, dan banyak kata lainnya. demikian pula dengan bawang putih alias garlic. pasangan kata bawang putih adalah clove untuk tunggal dan jamaknya cloves. jika kita tidak teliti, maka kita bisa menerjemahkannya sebagai cengkih karena clove juga diterjemahkan sebagai cengkih, atau sarung tangan eh salah itu glove.. hehehe…

kata clove garlic saya temukan ketika menerjemahkan buku the top 100 series. dan untuk kata itu saya menerjemahkannya menjadi siung. kata siung menjadi istilah yang lazim ketika berkaitan dengan bawang-bawangan, baik bawang merah atau bawang putih. tapi untuk bahasa inggris tampaknya, clove menjadi signature tersendiri untuk garlic alias bawang putih.

1 clove garlic

saya memilih  menejemahkannya menjadi

satu siung bawang putih

sekarang saatnya kita menengok apa manfaat di balik bawang putih. saya menyarikan ini dari berbagai sumber.

sumber gambar http://www.goorme.com

Bawang putih sudah dikenal sejak hampir 5000 tahun yang lalu dan khasiat bawang putih dalam menyembuhkan berbagai penyakit telah diketahui sejak zaman Mesir Kuno. Bahkan pada peradaban kuno di berbagai menunjukkan penggunaan bawang putih sebagai obat terbaik untuk mencegah flu dan demam. Bawang putih diperkirakan berasal dari wilayah Asia tengah

Bawang ini sering digunakan oleh masyarakat Mesir Kuno dan Yunani Kuno sebagai persembahan untuk para dewa atau sebagai makanan yang berkhasiat obat. Secara tradisional, bawang putih sering digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit dari gangguan pencernaan sampai infeksi pernapasan.

Bisa dikatakan hampir tidak ada hidangan tanpa bawang putih di dalamnya. Menurut saya, bawang putih, pala, dan merica adalah teman yang baik untuk daging, sapi, kambing, ataupun ayam. Ulekan bawang putih, pala, dan merica menghasilkan bau harum yang menggiurkan dan menggoda dan sangat blend jika dijadikan bumbu daging. (eh … ngelantur). Karena citarasa bawang putih yang kuat dan keharumannya yang spesifik itulah  maka bawang putih menjadi komponen penting masakan barat dan timur. Beberapa jenis saus salad juga menggunakan bawang putih untuk memperkuat citarasanya.

Daya antioksidan Bawang Putih

Kemampuan total makanan untuk membuat antioksidan disebut ORAC, oxygen absorbency capacity. Para ilmuwan telah menentukan kadar ORAC per 100 gram makanan dan bawang putih mempunyai skor ORAC 1,939*

 

Alisin, Senjata Utama Bawang Putih

Komponen aktif dalam bawang putih adalah alisin yang merupakan turunan dari senyawa alliin yang tercium sebagai bau langu khas ketika bawang putih segar dirajang atau dihaluskan. Alisin inilah komponen yang efektif membantu tubuh untuk melawan infeksi seperti flu, demam, dan kandidiasis (infeksi jamur), tetapi juga miroba yang lebih berbahaya seperti bakteri tuberkulosis dan bakteri super MRSA (methicillin-resistant Staphylococcus aureus).

Bawang putih mengandung juga mengandung zat yang mampu meningkatkan produksi sel darah putih dan memusnahkan bakteri, parasit, jamur dan virus. Properti inilah yang membuat bawang putih merupakan senjata ampuh untuk mengatasi berbagai kondisi yang muncul akibat infeksi jamur sampai keracunan makanan, serta gangguan flu secara umum.

Alisin dan dialil sulfida berperan sebagai penjaga tubuh dalam membasmi substansi pembentuk sel-sel kanker sekaligus menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker sejak dini. Ajoene yang merupakan turunan alisin sangat manjur untuk membantu mengobati kanker kulit hanya dengan mengoleskannya pada bagian yang sakit. Germanium dan selenium adalah dua mineral antioksidan tangguh yang juga berkhasiat antikanker.

Alisin juga sangat bermanfaat untuk membantu pembuangan kolesterol yang berlebihan dalam tubuh dan menurunkan kadar trigliserida, yang itu berarti  bahwa konsumsi bawang putih juga dapat membantu menyehatkan jantung.

Komponen lain dalam bawang putih adalah alium yang menurut hasil penelitian para ahli bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker tertentu dan meningkatkan sistem imun.  Alium adalah senyawa sulfur turunan alisin  berperan mencegah terjadinya penyebaran sel kanker dalam tubuh dengan cara menghambat aktivitas pembentukan poliamin dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan memacu pembentukan glutation tereduksi yang menghambat enzim ornitin (katalisator pembentukan senyawa poliamin penyebab kanker). Cara kedua, alisin ini mengikat enzim ornitin tersebut sehingga fungsinya hilang dan pembentukan sel kanker terhambat.

 

Bawang Putih dan Sup

Bawang putih berkhasiat untuk menguatkan daya tahan tubuh dan merangsang pertumbuhan sel darah putih dalam melawan penyakit, memacu pertumbuhan aktivitas sel pembunuh bakteri dan virus, dan meningkatkan produksi antibodi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mampu melemahkan dan membunuh sedikitnya 72 bakteri penyebab diare, disentri, keracunan makanan, bahkan radang otak. Karena itu dapat diasumsikan bahwa bawang putih juga baik dalam mengobati flu. Karena itu juga ketika flu sering sekali disarankan untuk memakan sup hangat. Menurut kandungannya, sup terdiri atas wortel, kaldu ayam/sapi, bawang putih, bawang merah, kentang, kubis, daun bawang, seledri, merica, dan sedikit garam.

Bawang putih dan merica sejak dulu dianggap ampuh untuk meringankan flu. Wortel kaya akan vitamin A yang dapat memperkuat sistem ketahanan tubuh. Kaldu sapi/ayam dan dagingnya bisa menjadi bahan baku pembentuk sel darah putih dan lemak yang terkandung di dalamnya bisa menjadi membuat penyerapan vitamin A yang terdapat dalam wortel menjadi lebih optimal.

Khasiat Afrodisiak Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat alisin yang dapat merangsang sel saraf penis untuk mengembang dan zat germanium menyuplai oksigen sehingga vitalitas kerja penis meningkat. Mineral selenium yang terkandung dalam bawang juga dapat mencegah pengentalan darah sehingga kepekatan cairan darah yang dapat menyulitkan ereksi penis dapat dicegah.

Pakar andrologi dari Universitas Hangtuah Surabaya, menemukan sifat afrodisiak pada bawang putih. Bawang putih dapat melenturkan pembuluh darah karena mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Karenanya, pembuluh darah fungsi vaskuler, baik di otak, jantung maupun pada alat kelamin pria pun semakin lentur.

 

Bawang Putih dan Jerawat

Bawang putih juga ternyata berkhasiat untuk menyingkirkan jerawat dari wajah. Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memarut halus bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci. Setelah itu, oleskan hasil parutan bawang putih tersebut pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama lima menit, lalu basuh dengan air dingin. Awalnya terasa perih pada wajah, tetapi tahan saja karena demikian reaksi yang terjadi. Lama kelamaan jika ritual ini dilakukan secara rutin, jerawat akan mengering dan menghilang dari percaturan bintang di wajah Anda.

Darah Sehat, Kolesterol Rendah

Bawang putih benar-benar sahabat baik jantung, terutama jika dikonsumsi secara teratur. Bawang putih telah terbukti manjur untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Pada saat yang sama, bawang putih juga menghambat perlengketan platelet darah yang sering dihubungkan dengan pembentukan gumpalan darah, serangan jantung dan stroke

 

Bawang Putih dan Kecantikan

Kandungan sulfur dalam bawang putih berarti bahwa bawang putih ini membantu pembentukan sel baru dan menjaga agar kulit tetap kencang dan rambut tetap lebat. Bahkan disebutkan pula bahwa bawang putih dapat mengobati selulit.

Meskipun banyak manfaatnya, tetap ada beberapa fakta tentang bawang putih yang perlu kita perhatikan karena khasiat yang besar juga diikuti dengan risiko tertentu jika kita mengonsumsinya secara berlebihan. Perhatikanlah fakta berikut ini agar kita bisa mendapatkan manfaat sehat dari konsumsi bawang putih.

  • Jangan mengonsumsi  bawang putih secara berlebihan jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan penurun tekanan darah tinggi karena bawang putih dapat memperkuat efek obatnya.
  • Peterseli segar dapat membantu Anda dalam mengurangi bau menyengat setelah Anda mengonsumsi bawang putih.
  • Komponen sulfur dalam bawang putih dapat mengiritasi luka pada lambung.
  • Umbi bawang putih lebih baik disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Jika udara terlalu lembab, umbinya akan berkecambah, dan jika terlalu kering akan mengerut dan berubah warna.

Kandungan Gizi

Vitamin B1, B3, B5, B6, C, biotin, folat; kalsium, germanium, iodium, zat besi, magnesium, mangaan, fosfor, kalium, selenium, seng; serat; sulfur; s-alilsistein, minyak atsiri

NB. jangan lupa ikuti my first blogivesary giveaway. klik di sini. follow this blog and drop your comment. feel free to join the celebration.🙂


3 thoughts on “one clove garlic

    • sama-sama. semoga bermanfaat ya. terima kasih sudah mau berkunjung.🙂. jangan lupa ikut giveawaynya mas akhmad.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s