Pisang, Karbohidrat Kompleksnya Jadi Penahan Lapar

dokumentasi pribadi

Salah satu keunggulan pisang adalah kandungan energinya. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap sehingga dapat energinya diserap tubuh secara bertahap pula. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh. Alasan tersebut juga menjadi penyebab merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi ketika berdiet.

Hal lain yang menguntungkan adalah bahwa pisang sejak lama dikenal sebagai buah yang lezat dan berkhasiat bagi kesehatan. Selain itu pisang merupakan sumber vitamin C yang baik, kaya akan vitamin B6 yang penting untuk pembentukan antibodi dalam sistem ketahanan tubuh, membantu metabolisme protein, pembentukan sel darah merah, dan pemeliharaan sistem saraf pusat. Vitamin B6 juga berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, seperti sintesis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.  Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat.

Pisang merupakan sumber kalium yang sangat kaya. Kalium yang berasal dari pisang sangat membantu untuk menjaga keseimbangan cairan dalam darah dan sel jaringan. Selain itu, kalium juga merupakan mineral yang esensial untuk sintesis protein dan pembentukan otot, karena kalium menstimulasi impuls saraf untuk kontraksi otot. Kalium yang terdapat pada pisang dapat pula mengurangi risiko hipertensi dan stroke sehingga pisang dapat dimanfaatkan sebagai upaya diet dalam mengurangi risiko kejadian tekanan darah tinggi. Karena untuk menjaga tekanan darah tetap normal diperlukan perbandingan antara ion kalium dan natrium yang sesuai dalam tubuh.

Naah, sekarang saya akan berbagi resep smoothie yang mengandung pisang. Resep ini pernah saya coba dan menjadi salah satu resep dalam buku saya yang belum terbit tentang juice. dalam resep ini saya mengombinasikan pisang dengan tahu sutra. rasanya enak, (setidaknya menurut saya), dan mengenyangkan, jadi cocok untuk sarapan. kalau suka asam, bisa ditambahkan yogurt atau stroberi, supaya warnanya jadi pink muda yang cantik.

ini resepnya, selamat mencoba ya.

Smoothie Pisang, Tahu, Yogurt, Jeruk

½ buah jeruk, ambil sarinya

1 buah pisang

½ potong tahu

2 sdm madu

50 ml yogurt

50 ml air

Masukkan semua bahan ke dalam gelas blender. Giling hingga lumat dan halus. Tuangkan dalam gelas saji, sajikan segera.

selamat menikmati, mmmm yummy…

jangan lupa ikutan giveawayku di link ini ya

https://gizikuliner.wordpress.com/2011/12/26/my-first-blogiversary/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s