Kamus Gizi

Hari ini, saya berjalan-jalan ke Rumah Buku di Jalan Supratman Bandung. Di sana saya bertemu buku Kamus Gizi yang diterbitkan oleh Penerbit Kompas.  Buku ini ditulis oleh Tim Persagi alias Persatuan Ahli Gizi.

Saya beruntung bisa menemukannya. Bisa jadi referensi untuk menulis buku, artikel, dan menerjemahkan. Terutama untuk istilah-istilah tertentu yang memang khas untuk ilmu gizi.

Contohnya:

HDI alias Human Development Index diterjemahkan menjadi Indeks Pembangunan Manusia

RDA alias Recommended Dietary Allowance diterjemahkan menjadi Angka Kecukupan Gizi

dan masih banyak lagi.

Selain istilah-istilah yang familiar dalam ilmu gizi masyarakat dicantumkan pula tentang makna zat gizi atau istilah-istilah gizi yang sekarang populer. Mengetahui maknanya secara harafiah menjadi penting agar kita tidak sekadar menelan bulat-bulat informasi dari media (ini berlaku untuk saya dan informasi yang saya tuliskan dalam blog saya.

6 thoughts on “Kamus Gizi

  1. Covernya segar:D Belanja kamus memang investasi yang tak bisa dikesampingkan dan tetap bikin gembira ya, Nur. Ikut senang:D

  2. Istilah GIZI adalah Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

    oleh : Prof. Soekirman
    Guru Besar (Em.) Ilmu Gizi, Fakultas Ekologi Manusia,
    IPB, Bogor/ Ketua Yayasan Kegizian untuk Pengembangan Fortifikasi Pangan Indonesia (KFI)

Tinggalkan Balasan

