Gizi atau Nutrisi

Nutrition itu adalah istilah  bahasa Inggrisnya, dan penerjemahannya dalam bahasa Indonesia terbagi menjadi dua. Semasa kuliah di Biologi Undip, saya tidak terlalu memedulikannya. Entah darimana datangnya, saya termasuk orang yang menganut pendapat bahwa nutrition itu diterjemahkan menjadi gizi untuk manusia dan nutrition menjadi nutrisi itu untuk ternak. Bisa jadi saya mendapatkannya setelah di IPB, saya lupa.

Setelah kemarin membeli buku Kamus Gizi, saya jadi teringat kembali masalah penamaan gizi dan nutrisi. Prof. Soekirman, adalah salah satu tokoh yang memberi sambutan dalam kamus ini. Sambutannya sangat menarik, lugas dan cerdas, karakter khas beliau. Saya akan mengutipkan kalimat beliau.

“Dalam bahasa Inggris, kata gizi adalah nutrition, kesehatan adalah health, dan pangan adalah food, masing-masing katanya memiliki definisi dan sejarah asal-usulnya sendiri. Dengan raibnya kata gizi dalam kamus pembangunan di Indonesia sejak 10 tahun terakhir, arti dan pemakaian kata gizi menjadi rancu. sebagai contoh kata gizi diganti dengan nutrisi, terutama dalam iklan dan kalangan awam.”

Nah, mengenai sejarahnya sendiri, dari kamus ini pula saya baru mengetahui mengapa nutrition dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi gizi. Kata gizi sebenarnya berasal dari bahasa Arab al gizzai yang artinya makanan dan manfaatnya untuk kesehatan, atau sari makanan yang bermanfaat untuk kesehatan. Kata Gizi dikenal di Indonesia sejak 1950-an sebagai terjemahan kata nutrition, istilah bahasa Inggris yang berarti hubungan antara makanan dan kesehatan.

Adalah Lembaga Fakultas Sastra Universitas Indonesia yang menawarkan terjemahan nutrition dengan menggunakan akar kata bahasa sasekerta Harena atau akar kata bahasa Arab al-ghizai. Kata itu diajukan pada Prof. dr Poorwo Soedarmo, Bapak Gizi Indonesia dan  pimpinan lembaga Makanan Rakyat, dan beliau memilih untuk menetapkan penggunaan kata gizi yang berasal dari bahasa Arab. Bahkan pada 1958, ilmu gizi resmi menjadi istilah ilmiah dan masuk menjadi salah satu kurikulum ilmu kedokteran di Universitas Indonesia.

Sejak 1990-an, kata gizi tidak lagi populer. Kata nutrisi menjadi lebih populer di kalangan awam dan dunia iklan. Padahal, sejak 1950-an, secara profesional nutrisi digunakan di kalangan ilmu peternakan dan kedokteran hewan.

Jadi, pilih nutrisi atau gizi?

4 thoughts on “Gizi atau Nutrisi

    • makasiih. hehehe, jadi geer.
      siiip, sama-sama mahasiswa gizi kita, cuma saya udah laaamaa banget. hihihi, sapa yang yang tanya coba😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s