Bikin Makanan Sehat dan Seru Buat Si Kecil

3

Judul : Home Made Healthy Baby Food
Penulis : Melina Adhi dkk
Tebal : x + 138 Halaman (Lebih Banyak Full Colornya daripada yang BW-ny)
Penerbit : PandaMedia (Kelompok Gagas Media – Agromedia)
Harga: 62.000 (Bandrol Toko) – buat yang mau beli, bisa online via saya (nung) di 082120060035

Saya belum punya anak, hamil pun belum pernah, (siapa yang tanya), tapi sering saya membayangkan kalau punya anak nanti mau diapain, terutama makannya. Tapi, berhubung saya hidup di era internet macam saat ini, yang mana semua menjadi lebih mudah dengan bantuan Mbah Google, so, kenapa harus bingung.

Kenapa, tiba-tiba menuliskan tema ini. Hehehe, itu karena saya baru saja dapat hadiah buku Home Made Healthy Baby Food dari Ika Rahma pemilik Dapur Hangus. Dan saya juga merasa “panas” karena dikompori Mbak Rinurbad untuk lebih rajin lagi menulis di blog. Hehehe (Mbak Rin, aku rajin, kok, nulis di blog yang satunya).

Eh, balik ke topik, saya rencananya mereview buku Home Made Healthy Baby Food dari grup FB HHBF juga namanya. Aku baru tahu grup ini pas ngobrol sama Ika, ibu muda beranak satu yang lincah banget (ya ibunya ya anaknya, dua-duanya lincah). Harap maklum, saya ibu-ibu belum punya anak,  jadi belum merasa perlu baca-baca menu buat anak, hahaha, ini salah besarr! Harusnya rajin-rajin mencari ilmu, jadi pas entar punya anak engga kaget. Hei, mana review bukunya, kok, malah curhat. Hehehe.

Pas buka segel plastiknya. Hahai, langsung jatuh cinta sama finishing covernya emboss, dan dove, ditambah lagi warna covernya yang cantik jelita, warna kuning pir dan hijau toska muda, ah, baby banget, deh, kiyut abis.

2

Soal puja-puji terhadap buku ini, sudah banyak lah, ya di endorsement buku dan pastinya di grupnya. Saya akan mereviewnya sesuai subjektivitas saya. (Siap-siap ditimpukin sama orang-orang HHBF :D). Overall, buku ini memang bagus. Mudah dicerna, dibaca, dan enak dilihat. Resepnya juga gampang dipraktikkan. Tapiii, tetap ada tapinya, ya hahaha.

Jujur saja, sebagai orang yang baru kenal HHBF, pas awal baca buku ini, saya bingung,  eh, mana halaman copyrightnya. Setelah beberapa kali bolak-balik dengan teliti baru saya temukan. Selanjutnya, eh, loh, kok engga ada daftar isinya. Saya positif thinking saja, mungkin memang sengaja tidak ada daftar isinya. Padahal menurut saya penting banget untuk memudahkan menemukan resep yang diinginkan. Sayang, kan, kalo sering dibolakbalik bukunya, entar cepat lecek, trus jadi rentan dilipet juga, kan, buat nandain resepnya di sini dan di sini.

Pas dibaca bukunya, jreng, saya bingung mau ngereviewnya gimana. Sekilas pandangan mata, buku ini lebih mirip scrap book resep atau kliping ditambah dengan cerita. Oh, mungkin itu memang konsep bukunya. Dibuat sedemikian rupa sehingga membacanya ringan dan mudah, demikian pula dengan kisah, resep, dan tips serta trik yang ada dalam buku itu. Belum ke bagian isi, ya.

Menurut saya, endorsementnya, kebanyakan, apalagi sampai empat halaman. Ya, enggak kenapa-kenapa juga sebenarnya, tetapi menurut, pendapatku, pengantar dari Pak Wied Harry dan Ibu Nia Umar saja sudah cukup. Selain itu, endorsement dari Irfan Hakim dan istrinya, kan, sudah ada di belakang, ya, tidak usah dicantumkan lagi pada dua lembar endorsement di depan.

Selanjutnya, ungkapan Kata Mereka Tentang HHBF, menurutku terlalu banyak, apalagi sampai delapan lembar. Menurutku, empat lembar saja cukup. Kecuali memang itu ditambahkan dalam rangka menambal halaman yang kurang. Mengingat dalam proses pencetakan buku, harus kelipatan empat, delapan, atau enam belas.

Sekarang, masuk ke isinya. Isi buku ini lengkap dan gampang dicerna ketika membacanya, enggak bikin kening berkerut. Resep-resepnya gampang banget dipraktikkan. Tambahan lagi ada cerita-cerita tentang bagaimana para ibu berusaha keras memberikan makanan buatannya sendiri untuk buah hatinya. Mereka berkutat dengan menu yang akan mereka berikan kepada buah hati.

Ada tujuh pengalaman ibu dalam usaha mereka memberikan makanan rumahan yang sehat untuk anak-anaknya. Pengalamannya unik-unik. Ada yang dari tidak bisa masak, ada yang terpaksa, ada yang memang suka, bahkan ada yang sampai dapurnya hangus segala. Hehehe. Dan dalam perjalanan mereka memberikan makanan homemade itulah mereka alam semesta google mempertemukan mereka dengan HHBF. Dan mereka bertemu dengan lebih dari empat puluh ribu orang anggotanya.

Menurut salah satu kisah yang ada di buku itu, mengoreki dokumen resep di HHBF jadi kesenangan tersendiri bagi para anggotanya, baik dari yang rajin komen, rajin posting, rajin ngasi info, ataupun yang silent reader.

Soal resep, sebagian besar memang mudah, tetapi untuk beberapa bahan sulit dicari. Eh, tapi karena sasarannya ibu yang tinggal di kota besar dan tingkat pendapatan menengah, bisa jadi itu bukan masalah. Meskipun tetap bisa diganti dengan yang lainnya. Contoh bahan yang sulit ada tiga yang jadi catatan saya berikut ini.

  1. Quinoa, yang agak sulit ditemukan di luar kota besar dan tidak semua orang juga akrab dengan bahan ini.
  2. Kabocha, sebenarnya ini nama lain labu kuning jepang, kayaknya bisa diganti dengan labu kuning lokal.
  3. Vinaigrette adalah nama dressing salad klasik menggunakan minyak zaitun atau minyak lainnya yang dicampur dengan cuka buah atau bahan lainnya. Nanti akan saya ulas juga kapan-kapan. hehehe.

Untuk membantu bagi para ibu yang hendak membeli buku ini, saya mau berbaik hati menuliskan daftar isi buku ini, buat yang penasaran apa aja isinya.  Spoiler, memang hehehe….

Daftar Isi :

Bab 1 Panduan MP-ASI ala WHO

  • Age
  • Frequency
  • Amount
  • Texture
  • Variety
  • Active/Responsive
  • Hygiene
  • Poin Penting Panduan MP-ASI yang diperbarui pada 2010

Bab 2 Tahapan dan Jadwal Pemberian MP-ASI

  • Buah yang Aman Dikonsumsi Bayi
  • Makanan Sumber Pati
  • Sayuran yang Aman Diberikan kepada Bayi
  • Makanan Hewani dan Polong-pollongan; Sumber Protein
  • Camilan Aman dan Baik Untuk Anak

Hal penting di Bab Ini

  • Tabel Tahapan Usia, jenis Makanan dan Frekuensi Pemberian makan untuk bayi
  • Inbox Mengapa Memilih Buah Segar sebagai Makanan Pertama Bayi
  • Inbox Direbus atau Dikukus, Ya?
  • Mengapa Menghindari Gula dan Garam untuk Bayi Kurang dari Setahun

Bab 3 Rumah Rasa Itu Bernama Homemade Healthy Baby Food – Pengalaman Eka Wahyu Pramita

Selipan Resep

  • Bubur Kacang Merah Pisang (Resep 6 Bulan + )
  • Fruity Sweet Potato Quinoa

Ada tips Dapur Pintar Ibu dan Kotak Bekal MPASI Sehat

Bab 4 MP-ASI: Sebuah Proses Belajar – Pengalaman Nur Faizah Fitriah

Selipan Resep

  • Sup Kabocha Wortel
  • Bubur Lodeh Tahu
  • Bubur Kentang Hati Ayam
  • Lassi Pear Brokoli
  • Baby Salad with Vinaigreitte

Ada tips Dapur Pintar Ibu dan Kotak Bekal MPASI Sehat

Bab 5 Smart~Unique~Perfect MP-ASU (Makanan Pendamping Air Susu) Homemade and Healthy – Pengalaman Wiryawati Yap

Selipan Resep

  • Tim Ubi Ayam
  • Roti Kukus Lapis Kabocha Keju
  • Stik Tempe Gurih

Ada tips Dapur Pintar Ibu dan Kotak Bekal MPASI Sehat

Bab 6 Dapur Hangus: Surat Cinta untuk Violeta – Pengalaman Ika Rahma

Selipan Resep

  • Sate Bola-Bola Mi
  • Sup Kangkung Kacang Hijau
  • Beef and Spinach Souffle

Ada tips Dapur Pintar Ibu dan Kotak Bekal MPASI Sehat

Bab 7 No Instant, Please! – Pengalaman Alvika Hening Perwita

Selipan Resep

  • Fettucine Carbonara

Bab 8 Cooking Is Fun … Fun … Fun – Pengalaman dr. Asri Priyani Murtiningsih, MPH

Bab 9 Penjaga Gawang (Admin) Grup Homemade Healthy Baby Food (HHBF)

  • Melina Adhi
  • Mia Ilmiawaty Sa’adah
  • Amanda Pingkan Wulandari
  • Andri Ratna Sari Wibowo
  • Nur Faizah Fitriah

Bab 10 Kata Mereka Tentang HHBF

– Fin segitu daftar isinya.

18 thoughts on “Bikin Makanan Sehat dan Seru Buat Si Kecil

  1. wooowww, buku ini memang kereeeen! Saya wajib punya, karena sebentar lagi akan ada anak kami yg ke-3. Inshaa Allah🙂

    • Hehehe, iya pas lagi foto benang untuk dipajang di olshop benangku. Biar enggak sepi-sepi amat gitu. memang saya juga suka merajut hehehe

  2. karena, seorang bayi memiliki pencernaan yang sedang menuju sempurna. hingga kita perlu mempelajari berbagai macam makanan yang cocok dan bagaimana cara pengolahannya. apalagi sebagai calon bidan, harus bisa dan mengerti mengenai makanan bayi. agar bisa sharing dan berbagi ilmu dengan masyarakat yang kelak akan membutuhkannya..

    email follow blog : pinkyangtakpernahpudar@ymail.com
    fb : vanisa desfriani
    twitter @ishavanisa

  3. saya kepingin banget punya buku ini,, pingin bisa ber-HHBF-an untuk anak saya,, pingin bisa masak makanan yang enak dan bergizi untuk keluarga,, soalnya beberapa waktu lalu anak saya sempat makan MPASI instan karena saya-nya kurang kreatif dalam mengolah masakan rumahan,, hiks😦

    pleeeaasseee yaaa Dapur Hangus.. kasih bukunya untuk saya yaaaaa.. terima kassiiihhh :*

  4. pengen bgt punya buku ini, karena saya sebagi ibu yang punya bayi pengen bgt memberikan makanan yang sehat dan bergizi serta dibuat dengan penuh cinta,,, smoga anak saya tumbuh sehat dengan apa yang saya masak buat dia,,,

  5. Dari review-nya buku HHBF ini menarik lho. Pengetahuan tentang MP-ASI saya share di acara BakSos yg saya ikuti dan resep-resepnya bisa jadi ide utk penghasilan tambahan keluarga. Saya harus punya!

  6. Saya pengen bngt pnya buku HHBF ini karena saya baru memiliki anak kedua bayi berusia 3 bulan dan ingin memberikan yg terbaik untuknya dg mmberikn mknan yg sehat dn bergizi mngingat pengalaman pmberian MPASI pd anak pertma yg kurang baik mmbuat anak prtama sya yg skrg brusia 3 th tidak mnyukai buah dn syur mlh lbih mnyukai mknan mie instan dn jajanan yg tdk sehat..dn sya ga ingin hal itu trulang lgi..mknya sya akn sngat bertrimakasih jk bs mndptkn buku ini..

  7. anak saya hanif 2 tahun 7 bulan, walaupun dia tumbuh pintar dan aktif tp sy khawatir krn badannya kecil, berat badanya ga naik2.. Padahal makanan yg masuk banyak, susu dan buahpun d makannya, termasuk jajanan kesukaannya.. Tp kenapa ya, apa ada yang salah dr pola pemberian makannya selama ini.. Buku pintar HMHBF ini mungkin dapat menjawab permasalahan saya selama ini.. Ya, saya berharap sekali..

  8. wajib punya buku ini karena bunda baru ini (saya) harus belajar…belajar…belajar…. demi memberikan yang terbaik buat buah hati (rafka 4m) yang 2 bulan lagi start MP-ASI

  9. Wah… ada lagi yang gratisan nih! (~‾ ▽‾)~

    Q: Sebutkan alasan kenapa pembaca harus ngedapetin buku ini di kolom komentar
    A: Karena buku ini WAJIB DIBACA. Biarpun baru punya baby sekitar 9 tahun lagi *amien*, siapatahu buku ini bisa menjadi sumber informasi yang pastinya akan bermanfaat. \__~(˘▾˘~)

    1. Like FB Fanpage Dapur Hangus –> DONE!
    2. Follow Blog Gizi Kuliner dan Dapur Hangus –> DONE via e-mail!
    3. Share link ini di laman fb dan twitter Anda. –> DONE
    Share link via twitter –> https://twitter.com/vyselvia/status/343379622106370048

    Terimakasih. Wish me luck! (´⌣`ʃƪ)

  10. Bunda, mau deh punya buku ini, walaupun saya tidak jago masak dan masih milih-milih HHBF, yang mudah dibuat dan mudah dapet bahannya ditambah biasanya sharing dengan teman-teman, resep HHBF yang mudah dibuat. Maklum bund, baru sadar wajib HHBF, waktu hamil 8bulan karena pre-eklamsi, kebetulan ada riwayat darah tinggi waktu SMA, dan kemarin waktu hamil juga pre-eklamsi. Ditambah lagi keluarga suami gen diabetesnya kuat, jadi memang memantapkan diri ber-HHBF demi Khalilah (13m+) dan adik-adiknya kelak. Berusaha dan belajar hidup sehat, walaupun amatiran bund. Jadi kalo punya buku HHBF ini, pasti membantu saya dan bisa tambah resep buat sharing keteman-teman saya juga bund ^_^

  11. a mother = a never-ending learner.. ga pernah berhenti belajarrrr.. jadi kalo ada media yang akan memudahkan pembelajaran, wajib punya! (termasuk buku hhbf ini =D)

    saya termasuk silent reader di grup hhbf,. tapi jadinya sangat termotivasi bergelut dengan dunia mpasi, sampai akhirnya chef abalabal ini beberapa kali share foto masakan sendiri + resep mpasi-nya di fesbuk. Dan semangat berbagi itu ternyata bikin hepi, apalagi kalo pas ternyata banyak respon positif dari yang liat+baca. Jadilah beberapa kali jadi sasaran teman buat nyari info ttg mpasi.. wakwaw, padahal merasa belum mumpuni hihi. Ada yg nanya soal metode, bahan makanan apa aja yg uda dibolehin buat usia segini segitu, nanya resep dkk.. ujung2nya kalo mentok ga bisa jawab, langsung buka primbon bookmark-an beberapa dokumen hhbf di hape, Yang suseh kalo trnyata yg ditanyain saya ga tau jawabnya, belom ngbookmark dokumennya, terus koneksi internet lagi mpet2an.. euugh.. malesin kan yaa, soalnya sayanya suka jadi penasaran pengen tau jawabannya hehehe. Nah kayanya kalo ada sang buku ini akan memudahkan banget yaa, tinggal buka buka =) i want it, one.. yah kalo mau dikasi dua juga boleh, kan lumayan satu lagi bisa buat dijadiin kado *haha ngelunjak*

    yah smoga si buku dari giveaway ini jadi rejeki saya.. bisa jadi kado lahiran juga buat si anak kedua yg masi betah aja di perut padahal uda masuk minggu 39 *ko jadi curhat*.. makasih =)

    tahap 2, 3, 4 juga sudah dilaksanakan! =)

  12. untuk menambah koleksi resep saya. bayi saya susah makannya, jadi barangkali di buku ini ada resep yang dia suka🙂
    tugas no 2, 3, 4 sudah done ya🙂

  13. thx infonya, walau uda lewat, bisa buat perbandingan beli di toko buku, karena pengetahuan aku masih minim tentang makanan bayi ( I am a new mom ).

Tinggalkan Balasan

