Quinoa, “Emas dari Inca”

Quinoa, sepintas mirip ketumbar. Sumber gambar: http://www.alterecofoods.com

Quinoa dilafalkan sebagai “ken-waa” (dalam bahasa Inggris) merupakan salah satu sumber protein nabati yang sempurna. Quinoa sering disebut oleh masyarakat Inca sebagai “ibu padi-padian”. Padi-padian berbentuk seperti manik-manik ini dilengkapi dengan berbagai kebaikan.

Populer di Indonesia? Jawabannya No. Karena saya baru tahu kata quinoa ketika menerjemahkan the Top 100 series. Bentuknya kalau lihat di fotonya mirip ketumbar. Tapi jelas beda dari segi rasa, walaupun saya juga belum pernah merasakannya. Hehehe, harusnya dicoba, ya.

Dari buku yang saya terjemahkan, saya mendapat informasi bahwa selama berabad-abad, biji mirip padi ini telah digunakan oleh masyarakat Inca di Amerika Selatan. Kini, hasil riset membuktikan bahwa quinoa termasuk salah satu makanan super karena kandungan gizinya yang dahsyat. Kandungan gizi quinoa terdiri atas vitamin B1, B2, B3, B5, B6, E, folat; kalsium, fosfor, mangan, tembaga, zat besi, magnesium, kalium, seng; serat; protein, lisin, karbohidrat kompleks, saponin

Biji quinoa menurut buku yang saya baca rasanya mirip kacang, bebas gluten, mudah dicerna, dan sangat cocok bagi para penderita intoleransi gandum atau penyakit celiac. Selain proteinnya yang lengkap, kandungan kalsiumnya juga lebih tinggi dari susu.

Mengandung delapan asam amino. Sumber gambar: http://www.topics.nytimes.com

Biji quinoa juga mengandung lisin yang penting dalam memerangi infeksi viral. Karbohidrat yang dikandung biji ini dilepas secara perlahan sehingga tidak menyebabkan terjadinya lonjakan kadar gula darah, perubahan mood, dan keinginan untuk makan secara berlebihan.

Quinoa sering disebut sebagai “makanan sempurna” karena mengandung delapan  jenis asam amino. Berbeda dengan serealia tradisional seperti gandum dan beras, quinoa mengandung delapan jenis asam amino sehingga menjadikannya sumber protein nabati yang sempurna setara dengan dengan daging, ikan, telur, produk olahan susu, dan kedelai. Hal ini berarti bahwa quinoa merupakan salah satu makanan ideal bagi para vegetarian atau mereka yang alergi protein hewani.

Petani di Bolivia panen Quinoa Sumber gambar: http://www.predatorhaven.blogspot.com

Quinoa juga merupakan sumber antioksidan vitamin E yang diperlukan untuk proses penyembuhan tubuh. Kandungan mineral seng quinoa sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh karena seng diperlukan untuk kesehatan kelenjar timus – pengatur produksi sel-sel imun. Quinoa juga salah satu sumber kalsium dan magnesium yang diperlukan tulang dan juga zat besi untuk mencegah anemia.

Quinoa mengandung beberapa jenis vitamin B, termasuk vitamin B5 yang sangat esensial untuk respons kesehatan. Sarat dengan zat besi sekaligus serealia sumber energi yang dapat mencegah kelelahan, kerontokan rambut, dan anemia. Serealia ini juga memasok magnesium yang telah dikenal berkhasiat mencegah tekanan darah tinggi, dan vitamin B2 yang bertugas untuk mengontrol pembentukan kolesterol dengan cara menghancurkan radikal bebas yang berbahaya.

Cara masaknya, kayaknya mirip nasi, mungkin, ya. Sumber gambar: http://impossiblewriter.files.wordpress.com

Fakta Tentang Quinoa

  • Quinoa juga disebut sebagai “emas Inca” dan juga dikenal karena dapat meningkatkan stamina para prajuritnya.
  • Ketika quinoa dimasa, biji-bijinya menjadi jernih dan bagian putih bijinya secara parsial memisahkan dirinya sendiri dan tampak seperti ekor spiral yang berwarna putih.
  • Untuk rasa yang lebih mirip kacang, sangrai quinoa terlebih dahulu sebelum dimasak dalam penggorenangan dengan api kecil sambil diaduk-aduk perlahan selama lima menit.
  • Daun tumbuhan quinoa dapat dimakan dan rasanya mirip dengan kerabat berdaun hijau lainnya, seperti bayam dan chard.
  • Kandungan serat dalam quinoa sangat penting untuk memperlancar pencernaan dan menyembuhkan konstipasi.

Tanaman Quinoa Sumber Gambar: http://www.thedailyserge.com

6 thoughts on “Quinoa, “Emas dari Inca”

    • kalo di bandung mungkin bisa dicari di setiabudi supermarket, atau di supermarket besar yang menyediakan barang impor mba ira.
      eniwey, makasih udah berkunjung.🙂

  1. ini sorgum bukan ya????
    kata ibu saya, makanan ini sempet populer jaman dulu waktu beras lagi susah…. eh…. sekarang kebalik

  2. aku pas liburan dibali dg keluarga suami adekku yg dari australia…konsumsi ini…rasanya lebih ringan dari nasi…lebih enak dr nasi juga menurutku…setelah browsing ternyata ini nutrisinya jauh lbh baik dr biji2an lain…tapi sayangnya…juga lebih mahal…whuaaa

  3. Saya sering sekali konsumsi quinoa white krn di Bali mm banyak resto yg jual masakan dari quinoa. Rasanya enak, biasanya di buat tabouli (spt pengganti nasi), atau di buat minestrone soup.. Di Bali harga ya 190.000/kg, naik banyak setelah dollar melonjak, tapi bisa dipakai beberapa kali masak krn quinoa mekar (jd agak banyak) setelah proses pemasakan… Thx unt info tlg manfaat quinoa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s