Kuat untuk Taat

Ceritanya sudah hampir sebulan lebih belajar rutin olahraga lagi plus puasa senin (sepekan sekali) senin aja, kamis suka kebablasan. dan berhenti makan malam mulai pukul 6 sore sampai pukul 6 pagi.

Ada efeknya engga ke berat badan?

Jujur saja belum ada. Berat badan masih yoyo, naik turun. Masih kisaran di 67-68. Bisa sampai ke 66, kalau dalam kondisi shaum. Kalau normal, ya tidak. Tidak semudah itu, Ferguso!

Perubahan pola makan, ada tapi masih dikit. Masih suka makan gorengan, kadang makan mi Instan. Tapi sudaaah lebih berkurang karena jendela makannya berkurang. Sudah berniat hendak menambah jendela puasa intermitten, tapi belum dilaksanakan. Masih pakai jendela 12 jam IF.

Kenapa? Aku mikirnya, kalau semisal ditambah jendela puasanya, mending sekalian saja dibawa shaum sunnah. Biar sekalian dapet pahala shaum sunnah. Ya, meskipun baru terlaksana sepekan sekali, tapi, itu sudah lebih baik daripada bulan kemarin, yang tidak ada shaum sama sekali.

Selanjutnya, mau dicoba puasa daud. Sehari puasa, sehari engga. Bismillah, puasa sunnah sekaligus untuk menurunkan berat badan. Mengingat, kalau tidak dibawa puasa, serius, buat aku, masih berat menahan ngemil kerupuk dan gorengan. Padahal dari yang aku nonton, itu harus banyak banget dikurangi. Tapi serius masih berat. Ngurangin makanan manis, minuman manis, insyaallah masih kuat. Tapi gorengan dan kerupuk/keripik. Aduhai, sulitnya.

Aku ambil nasihatnya Mas Ade Rai, aja. Kalau dibawa puasa, setidaknya konsumsi makanan yang kurang baiknya berkurang. Belum bisa hilang sama sekali gapapa, tapi sudah berkurang, karena jendela waktu makannya juga berkurang.

Itu saja dulu yang aku pegang. Sekalian juga serius melatih menahan hawa nafsu makan dan berolahraga.

Iya betul banget itu tagar kuat untuk taat. Emang kalau mau taat kudu kuat. Iya, kuat dalam segala aspek yang berkaitan dengan ketaatan itu.

#belajarnulis
#pengensehat
#kuatuntuktaat
#bincangriang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s