Tips dari MAHI

Dalam rangka mengakomodasi permintaan beberapa teman dari komen di postingan my first blogiversary, maka saya menambahkan laman tips. Untuk tips pada laman ini, semua tips berasal dari status facebook Masak Apa Hari Ini, saya mengumpulkannya dan meramunya kembali dalam satu laman khusus. saya akan terus meng-update-nya sesuai dengan tambahan update dari laman facebook Masak Apa Hari Ini.

Semoga bermanfaat, ya …

 

  • Kadang kita menemukan kacang hijau yang masih keras atau mentah dalam bubur kacang hijau. Berarti kacang hijau dalam bubur tadi tidak rata matangnya. Untuk mengatasinya, sebelum dimasak remas-remaslah kacang hijau itu dengan air garam selama 2 sampai 5 menit. Cuci bersih, lalu masaklah sesuai dengan keinginan Anda. (TIPS MAHI)
  • Tak ingin dapur kotor dengan segala macam “sampah” saat memasak? Saat memarut, taruh parutan di dalam kantung plastik tembus pandang/bening, baru parut buah/sayuran/keju di dalam kantong plastik tadi. Hasil parutan tidak akan berserakan ke mana-mana. (TIPS MAHI)
  • Terong goreng merupakan menu yang cukup populer, tapi banyak yang tidak menyukainya karena biasanya sangat berminyak. Selain tidak sehat, tentu sifat terong yang menyerap minyak ini membuat penggunaan minyak menjadi boros. Untuk mengatasinya, rendamlah terlebih dahulu ke dalam air garam kira-kira 3 menit. Dengan cara ini terong tidak akan menyerap banyak minyak dan rasanya pun akan lebih nikmat. (TIPS MAHI)
  • Saat ini banyak tersedia makanan kemasan siap pakai yang terbuat dari berbagai bahan makanan seperti tepung beras, beras merah, kacang hijau dan sebagainya. Meskipun praktis, makanan kemasan ini memiliki banyak kekurangan. Selain mahal, bayi sering kali tidak bisa menghabiskan sekali 1 bungkus sekaligus, selain itu bayi tidak terlatih mengenal jenis dan tekstur bahan makanan. Namun sesekali mengenalkan bayi pada makanan seperti ini juga tidak ada salahnya sehingga apabila keadaan memaksa seperti dalam perjalanan, ia mau menyantapnya. (TIPS MAHI)
  • Beberapa orang lebih senang menggunakan santan asli karena rasanya yang tidak tergantikan oleh santan kemasan. Namun tentu merepotkan jika harus membelah kelapa setiap kali akan membutuhkan santan. Jadi, tidak ada salahnya Anda memroses kelapa untuk dijadikan santan sekaligus, kemudian disimpan untuk penggunaan selanjutnya. Caranya, peras santan dari kelapa, panaskan sebentar dengan api kecil sampai kurang lebih mencapai suhu 70o C. Kemudian masukan santan ke dalam plastik-plastik, biarkan agak dingin. Setelah suhunya tidak terlalu panas, Anda bisa memasukkan ke dalam freezer dan menyimpannya sesuai kebutuhan Anda. (TIPS MAHI)
  • Hindari penggorengan dengan wajan yang terbuat dari besi dan tembaga karena proses oksidasi yang terjadi antara minyak dan besi/ tembaga akan menyebabkan bau tengik. Karena itu, sebaiknya gunakan penggorengan dari stainless steel. (TIPS MAHI)
  • Tambahkan beberapa sendok makan air jeruk lemon pada saat memblender jus buah Anda. Selain memberikan sensasi rasa asam yang menyegarkan, air jeruk lemon juga membantu menghilangkan aroma dan rasa kurang enak pada buah-buah tertentu, seperti alpukat, pepaya dan jambu biji. (TIPS MAHI)
  • Jus adalah minuman segar yang tidak melalui proses dimasak, sehingga kesegaran dan kebersihan bahan harus benar-benar diperhatikan. Untuk jus buah, pilih buah yang matang dan segar agar mendapatkan rasa yang prima. Biasanya buah yang terlalu muda akan menghasilkan warna yang pucat dengan rasa asam tajam. Sedangkan buah yang kelewat matang teksturnya akan terlalu lunak dengan aroma menyengat. (TIPS MAHI)
  • Pernah mendengar mitos bahwa air putih membuat gemuk? Ternyata menurut studi, mitos itu tidak benar. Air putih justru sangat ideal untuk memperhalus fungsi-fungsi tubuh, bermanfaat saat kulit mengalami dehidrasi, dan berperan dalam regenerasi sel serta menghilangkan racun. Air dingin akan memperlancar metabolisme hingga 30 persen dan lemak akan terbakar dengan mudah. Lagipula, air dingin tidak mengandung kalori, sehingga tidak mungkin membuat gemuk. (TIPS MAHI)
  • Telur memang mengandung kolesterol dan lemak yang tinggi, Namun Anda bisa membuat telur menjadi lebih sehat dengan membuang kuning telurnya, karena ternyata kolesterol dalam sebutir telur, senilai 213 mg, seluruhnya terdapat pada kuning telur, sedangkan lebih dari separuh kandungan protein pada telur (6 gr) ada pada putih telurnya yaitu 4 gr. (TIPS MAHI)
  • Ketika membeli seafood dalam keadaan beku, perhatikan bahan makanan tersebut dalam keadaan kedap udara, tetapi dengan kelembaban yang terjaga. Jangan membeli seafood beku dengan kemasan yang sudah robek. Pilih kemasan seafood yang berada di bagian tengah. Jika memilih bagian yang paling bawah, kemungkinan seafood hancur lebih besar. Jika memilih kemasan yang paling atas, ada kemungkinan produk tersebut adalah produk yang sudah lama. (TIPS MAHI)
  • Tahukah Anda, makan sejumlah kecil kacang tanah setiap hari bisa mengurangi kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, dan bahkan merangsang penurunan berat badan. Kacang tanah memang mengandung lemak, sehingga diet kacang yang dianjurkan harus dibatasi sekitar 1 atau 2 ons kacang setiap hari, tetapi lemak yang terkandung dalam kacang tanah adalah lemak baik yaitu lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda sehingga cocok sebagai diet untuk menurunkan kolesterol. Kabar baik nih untuk yang suka selai kacang. (TIPS MAHI)
  • Kalau bisa, hidnari memakan bagian yang berwarna putih pada daging sapi. Bagian ini mengandung jaringan ikat, sehingga sulit dicerna tubuh. Sebelum turun ke fases, daging ini akan bertahan lama di lambung. Setelah itu, daging dari hidangan steak Anda kan sampai di usus 12 jari tanpa bisa dicerna. Hal ini akan membuat perut Anda terasa penuh dan tidak nyaman dalam waktu 24 jam. Biasanya, bagian daging yang berwarna putih juga banyak ditemukan pada bakso urat. (TIPS MAHI)
  • Tahukah Anda? Karena digunakan berkali-kali, minyak jelantah mengalami proses oksidasi, mirip seperti logam yang berkarat. Proses tersebut bisa dilihat dari berubahnya warna minyak menjadi kehitaman setelah menggoreng. Makanan yang teroksidasi dapat mengancam kesehatan sel-sel dalam saluran pencernaan, sehingga mengakibatkan infeksi, diare, mual, dan muntah. Yuk hentikan penggunaan minyak jelantah mulai hari ini! (TIPS MAHI)
  • Segelas susu, hangat atau dingin, dianjurkan dikonsumsi sebelum tidur bagi mereka yang menderita insomnia. Susu mengandung kalsium yang memberikan efek menenangkan. Susu juga mengandung triptofan, neurotransmitter untuk membantu tidur dan merelaksasikan otot. Jadi jika Anda sulit tidur, tidak ada salahnya minum susu. (TIPS MAHI)
  • Kelebihan konsumsi garam merupakan penyebab utama penyakit jantung baik di Amerika maupun seluruh dunia. Untuk mengurangi konsumsi garam, kurangi membeli makanan yang dijual dalam kemasan seperti plastik atau kaleng, karena penggunaan garam dalam makanan kemasan atau makanan olahan bukan hanya sebagai perasa, tetapi juga sebagai bahan pengawet. Dengan memasak di rumah asupan garam lebih terkontrol, Anda pun lebih terhindar dari penyakit jantung. (TIPS MAHI)
  • Untuk menghilangkan rasa pahit pada brokoli, beli atau panen brokoli yang berwarna hijau tua dan kuntum tunasnya yang masih tertutup rapat. Hindari brokoli yang berwarna kuning dan kuntum tunasnya terlihat mekar. Rasa brokoli menjadi lebih pahit seiring usia dan jika kuntum tunasnya mulai terbuka. Simpan brokoli di lemari es maksimal seminggu sebelum digunakan. Penyimpanan yang lebih lama akan memengaruhi rasa dan kualitas gizi brokoli. (TIPS MAHI)
  • Beli mentimun segar. Pastikan kulit mentimun berwarna hijau tanpa bintik-bintik kuning atau hitam. Mentimun yang berwarna kekuningan atau layu menunjukkan kurangnya kesegaran. Iris memanjang mentimun setebal kurang lebih 1 cm. Makan 2 potong setiap 2 jam untuk menyembuhkan kelebihan asam lambung. (TIPS MAHI)
  • Termasuk orang yang sering kelaparan setelah olahraga? Ini bukan hal yang aneh, sebab studi yang dimuat pada International Journal of Obesity menyatakan bahwa olah gerak bisa memicu dilepaskannya hormon ghrelin, yang menstimulasi rasa lapar. Hormon ini akan dikeluarkan secara otomatis untuk melindungi badan dari kehilangan bobot terlalu cepat. Untuk menyiasatinya, coba atur jadwal olahraga sebelum waktu makan. Menurut beberapa studi, jika kita makan sekitar 15-30 menit setelah olahraga, porsi yang disantap akan lebih sedikit dibandingkan bila makan sekitar satu jam setelah latihan. (TIPS MAHI)
  • Bayam yang kaya nutrisi dan antioksidan paling baik dimakan saat masih segar. Saat mulai layu, daun bayam akan kehilangan rasa dan sebagian kandungan nutrisinya. Bayam layu akan terasa lembek, kehilangan warna, dan agak berlendir. Jika disimpan dengan benar bayam akan tetap segar selama lebih dari seminggu. Cara terbaik untuk menyimpan bayam adalah dengan menyimpannya apa adanya di kulkas (bagian sayuran). Mencuci, memotong, atau mengemas justru akan membuat bayam cepat layu dan busuk. (TIPS MAHI)
  • Ahli nutrisi Oz Garcia, PhD rajin makan omelet putih telur setiap paginya. Omeletnya diisi dengan bawang, bayam, brokoli dan feta (keju Yunani). Selain mengenyangkan sampai jam makan siang, omelet putih telur tersebut mengandung protein yang dapat membuat gula darah tetap stabil, tetapi rendah kolesterol karena tidak memakai kuning telur. Menu ini juga cocok disantap oleh Anda yang diet diabetes. (TIPS MAHI)
  • Bagi Anda yang sedang berdiet, coba luangkan waktu sebelum tidur untuk merencanakan menu esok hari untuk diri sendiri, baik untuk makan pagi, makan siang, makan malam maupun kudapan di antaranya. Disiplin adalah kunci keberhasilan diet, jika Anda sudah menentukan jadwal dan menu makan, akan lebih mudah untuk mengatakan ‘tidak’ pada godaan-godaan yang datang. (TIPS MAHI)
  • Sebelum dimasak, daging sebaiknya dipotong-potong terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Potongan yang lebih kecil membuat daging akan lebih cepat empuk. Cuci daging hingga bersih, beri parutan 2-3 potong buah nanas ukuran sedang, kemudian rebuslah daging yang telah diberi parutan buah nanas dengan menggunakan air santan. Jika tidak ada air santan, dapat juga menggunakan air biasa. Setelah direbus sekitar 30 menit, maka daging akan matang dan empuk, siap diolah menjadi berbagai hidangan yang Anda inginkan. (TIPS MAHI)
  • Sebelum dimasak, daging sebaiknya dipotong-potong terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Potongan yang lebih kecil membuat daging akan lebih cepat empuk. Cuci daging hingga bersih, beri parutan 2-3 potong buah nanas ukuran sedang, kemudian rebuslah daging yang telah diberi parutan buah nanas dengan menggunakan air santan. Jika tidak ada air santan, dapat juga menggunakan air biasa. Setelah direbus sekitar 30 menit, maka daging akan matang dan empuk, siap diolah menjadi berbagai hidangan yang Anda inginkan. (TIPS MAHI)
  • Yuk kita biasakan matikan komputer atau TV satu jam sebelum tidur. Cahaya terang bisa mengalihkan perhatian Anda, sehingga otak lebih sulit beristirahat. Dengan membangun suasana tidur yang lebih tenang, Anda bisa tidur lebih lelap, dan tubuh menyesuaikan diri untuk bangun lebih awal dan lebih segar. (TIPS MAHI)
  • Untuk membersihkan blender / food processor, masukkan campuran air hangat dan beberapa tetes cairan pencuci piring ke dalam blender / food processor. Nyalakan blender / food processor selama beberapa menit. Buang air bekas cucian, cuci dan bilas seperti biasa. (TIPS MAHI)
  • Apel terkenal kaya akan serat, zat antioksidan dan vitamin C. Karena itu, apel bisa juga diandalkan sebagai penurun kolesterol. Sebaiknya apel dikonsumsi beserta kulitnya, karena di kulit inilah terdapat kandungan pektin (serat larut yang ampuh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol) dan antioksidan paling banyak. Kalau bisa, cari yang organik agar kulitnya tidak terkontaminasi pestisida. (TIPS MAHI)
  • Untuk menghilangkan lemak atau bau amis yang masih menempel pada peralatan makan, gosoklah dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 10-15 menit, cuci bersih dengan sabun dan bilas. (TIPS MAHI)
  • Agar pekerjaan mencuci piring lebih cepat dan lebih bersih, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan. Pertama buang atau sisihkan dahulu semua sisa makanan dari perangkat makan atau masak Anda. Kemudian rendam perabot tersebut dalam air. Cucilah dahulu yang paling tidak kotor, seperti gelas dan sendok garpu. Kemudian piring makan dan mangkuk. Terakhir, cucilah panel, penggorengan, dan peralatan masak lainnya. (TIPS MAHI)
  • Spons cuci piring yang dibiarkan terendam dalam larutan sabun cuci untuk waktu yang lama menyebabkan bau pada larutan cuci piring, karena bakteri dari sisa makanan bebas berkembang biak. Selesai dipakai, spons harus selalu dicuci bersih dan dikeringkan. Dan Jangan sekali-kali membiarkan spons cuci terendam dalam larutan sabun cuci untuk waktu yang lama, seperti ditinggalkan semalaman. (TIPS MAHI)
  • Tahukah Anda? Food Grade adalah satu istilah untuk menjelaskan golongan material yang layak dipakai untuk memproduksi perlengkapan makan. Suatu material dianggap Food Grade apabila material tersebut tidak akan memindahkan atau mentransfer zat-zat yang berbahaya/beracun ke makanan yang akan kita makan. Jadi, jangan lupa perhatikan status peralatan makan yang Anda beli, ya! (TIPS MAHI)
  • Untuk membersihkan peralatan makan dari kaca, gunakan air hangat atau air panas yang dicampur sedikit deterjen. Fungsinya untuk melenyapkan noda-noda yang melekat pada kaca agar mudah hilang. Bilas dengan air hingga bersih. Lap dengan kain yang lembut dan menyerap air hingga kering. (TIPS MAHI)
  • Membersihkan panci atau wajan berkerak dapat dibersihkan dengan cara menggunakanya untuk merebus air panas yang telah ditambahkan satu sendok teh baking soda. Diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit kemudian bersihkan dengan spons kawat. Cara ini bisa diaplikasikan terhadap perabotan berbahan stainless steel dan juga alumunium. (TIPS MAHI)
  • Tidur tak nyenyak seringkali merupakan hasil rendahnya tingkat serotonin. Serotonin dapat ditambah melalui memakan makanan yang memicu terbentuknya serotonin seperti ayam kalkun, produk susu, dan pisang. (TIPS MAHI)
  • Selama berabad-abad, madu dikenal sebagai ‘bahan bakar’ para olahragawan karena mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan. Dengan kata lain, madu adalah sumber energi instan. Hingga kini, dalam dunia olahraga madu diberikan sebelum pertandingan dan sebagai pengganti karbohidrat yang digunakan pada saat latihan, memulihkan stamina dan energi. (TIPS MAHI)
  • Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sarapan berhubungan erat dengan kecerdasan mental. Sarapan memberikan nilai positif tarhadap aktivitas otak sehingga otak menjadi lebih cerdas, peka dan lebih mudah untuk berkonsentrasi. Mari budayakan sarapan! (TIPS MAHI)
  • Tahukah Anda, walaupun sama-sama diterjemahkan sebagai kuah kaldu di Indonesia, broth dan stock memiliki sedikit perbedaan. Dalam stock, bahan-bahan yang direbus perlahan (mis: tulang) semuanya diangkat sehingga hanya tersisa kuah kaldu yang jernih. Dalam broth, bahan-bahan rebusan yang digunakan untuk memberi rasa pada kuah kaldu masih ditinggalkan sebagian. (TIPS MAHI)
  • Yogurt memiliki khasiat menurunkan kolesterol dan mencegah perkembangan bakteri penyebab penyakit, sedangkan almond mengandung sekitar 3,5 gram serat per 20 gram-nya. (TIPS MAHI)
  • Anda suka sushi? Ikan salmon yang populer sebagai sushi atau sashimi ini dikenal kaya akan protein dan lemak asam omega-3 yang bagus untuk jantung. Beberapa pakar merekomendasikan untuk mengkonsumsi ikan ini untuk kesehatan jantung Anda. (TIPS MAHI)
  • Pertimbangkan oatmeal untuk menu sarapan Anda. Oat merupakan biji-bijian murni yang kaya akan vitamin, mineral, serta serat efektif untuk menurunkan kolesterol. Diet yang kaya oat akan mengurangi resiko penyakit jantung. Beberapa penilitian menunjukkan bagaimana oat juga mampu mencegah beberapa jenis kanker tertentu. (TIPS MAHI)
  • Susu merupakan salah satu menu wajib dalam sarapan, tapi apakah Anda sudah memilih jenis susu yang tepat? Susu bubuk memang lebih praktis dan awet, akan tetapi proses pengolahan susu segar menjadi bubuk mengakibatkan kerusakan vitamin, mineral dan protein sebesar 30%, sehingga kita tidak mendapatkan manfaat yang optimal dari susu. (TIPS MAHI)
  • Salah satu manfaat sarapan adalah menyiapkan tubuh untuk olahraga. Gula darah Anda berada dalam level yang rendah pada pagi hari, yang dapat menyebabkan Anda pusing dan cepat lelah jika Anda melakukan latihan beban tanpa sarapan terlebih dahulu. Oleh karena itu, Anda harus makan satu jam sebelum berlatih, terutama yang mengandung karbohidrat dan protein, untuk mengoptimalkan level gula darah Anda. (TIPS MAHI)
  • Minggu pagi adalah waktu yang cocok untuk berolahraga. Jika Anda merencakanan untuk melakukan latihan esok pagi, maka pastikan malam ini Anda tidur cukup. Performa latihan Anda akan jauh lebih baik jika Anda telah beristirahat dengan cukup dan tidur dengan nyenyak di malam hari. Kurang tidur akan menurunkan performa dan hasil latihan Anda di pagi harinya, seperti lambatnya detak jantung dan metabolisme serta rendahnya tekanan darah. Akibatnya, Anda malah bisa pusing atau pingsan karena berolahraga. (TIPS MAHI)
  • Selalu sediakan kertas tissue ketika mengudap goreng-gorengan. Selain untuk membersihkan minyak yang menempel di sekitar mulut, Anda juga bisa menggunakannya untuk menyerap minyak berlebih dari gorengan yang Anda makan. Dengan demikian Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi minyak goreng sehingga berbahaya bagi kesehatan. (TIPS MAHI)
  • Tahukah Anda, semakin bervariasi warna sayuran dalam sebuah masakan, semakin sehat masakan tersebut? Ini karena setiap warna seperti jingga, merah, hijau mewakili nilai gizinya sendiri-sendiri yang saling melengkapi satu sama lain. Itulah yang membuat Sup Sayuran menjadi menu wajib keluarga di Indonesia sejak sekian lama. Anda bisa menambahkan ayam, sosis atau bola daging sesuai kesukaan keluarga Anda. (TIPS MAHI)
  • Survei Indonesia Basic Health Research/RISKEDA tahun 2007 menunjukkan 90,7 persen orang menggosok gigi saat mandi dan di sore hari. Ini berarti kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur belum membudaya di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal menurut Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) waktu terpenting untuk menyikat gigi adalah setelah makan dan sebelum tidur. Apakah Anda sudah menyikat gigi di jam-jam yang benar? (TIPS MAHI)
  • Sedang mempertimbangkan menu makan malam? Daging-daging olahan seperti daging asap, burger atau sosis mengandung asam amino tyramine yang cukup tinggi. Zat ini akan memicu otak untuk melepas norepinephrine, yang membuat Anda selalu terjaga semalaman suntuk. Sebaiknya pilihlah daging ikan, ayam atau daging sapi segar untuk makan malam. (TIPS MAHI)
  • Percaya tidak, saat tidur di malam hari, cadangan energi Anda menurun. Ini karena fungsi-fungsi yang tampak ‘otomatis’ seperti pernafasan, peredaran darah, menjaga suhu tubuh dan lain-lain juga membutuhkan energi walaupun saat tidur. Karena itu, sebelum beraktivitas, jangan pernah melewatkan sarapan pagi agar energi kembali terisi. (TIPS MAHI)
  • Menurut sebuah pepatah Belanda, “negeri yang banyak menghasilkan ikan hering dapat hidup dengan sedikit dokter.” Maksud dari pepatah tersebut adalah banyaknya kebaikan yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi ikan laut, seperti makarel, sarden, dan teri. (TIPS MAHI)
  • Sup adalah menu paling populer di musim hujan. Selain karena kehangatannya yang cocok disantap saat cuaca dingin, juga karena sup memiliki khasiat meredakan penyakit influenza, demam, batuk dan penyakit lainnya yang banyak terdapat di musim seperti ini. (TIPS MAHI)
  • SARAPAN memiliki manfaat yang besar buat kita. Kegiatan makan di pagi hari tersebut mampu meningkatkan prestasi belajar dan konsentrasi, termasuk terhindarkan dari kondisi kegemukan. Yuk sarapan!🙂 (TIPS MAHI)
  • Biasanya karena lelah bekerja selama seminggu penuh, akhir pekan kita gunakan untuk beristirahat dan bersantai di rumah. Tapi hati-hati, tubuh juga perlu olahraga agar tetap sehat lho. Gerak badan yang teratur dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung, obesitas, dan banyak penyakit lain. Kualitas hidup pun terjaga selalu.🙂 (TIPS MAHI)
  • Biasanya karena lelah bekerja selama seminggu penuh, akhir pekan kita gunakan untuk beristirahat dan bersantai di rumah. Tapi hati-hati, tubuh juga perlu olahraga agar tetap sehat lho. Gerak badan yang teratur dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung, obesitas, dan banyak penyakit lain. Kualitas hidup pun terjaga selalu.🙂 (TIPS MAHI)
  • Meskipun masih banyak yang mengalami kelaparan dan kekurangan gizi, tidak sedikit lho bantuan kemanusiaan yang memberikan bantuan berupa bahan makanan dan imunisasi untuk menguranginya. Mari kita berdoa semoga ke depan tingkat kelaparan dan kekurangan gizi bisa semakin berkurang. (TIPS MAHI)
  • Asupan nutrisi berpengaruh terhadap daya ingat manusia. Penelitian terhadap 185 remaja Costa Rica menunjukkan bahwa mereka yang selama lima tahun pertama usianya mengalami kekurangan zat besi tak pernah lulus tes daya ingat & daya kemampuan belajar, dan semakin besar kekurangan tersebut maka semakin buruk pula kondisinya bersamaan dengan bertambahnya umur mereka. (TIPS MAHI)
  • Cegah kekurangan gizi untuk anak dengan cara memberikan asupan nutrisi dan gizi yang tepat di setiap porsi makan anak Anda. Tambahan protein dari susu sangat membantu untuk metabolisme mereka. (TIPS MAHI)
  • Santaplah sarapan sepagi mungkin, ini akan memberikan energi yang bagus untuk metabolisme tubuh. Jangan pernah lupakan sarapan karena ini merupakan elemen penting untuk pola makan sehat. (TIPS MAHI)
  • Jika Anda sibuk, memberikan sedikit pengetahuan mengenai nutrisi dan gizi yang baik kepada asisten rumah tangga dapat membantu agar keluarga Anda senantiasa mendapatkan asupan makanan yang sehat. (TIPS MAHI)
  • Mulailah hari Anda dengan sarapan yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi membuat anak-anak lebih baik di sekolah. Orang dewasa yang terbiasa sarapan pagi juga mempunyai kinerja lebih baik di kantor. (TIPS MAHI)
  • Jangan lupa minum segelas air sebelum tidur, terutama jika cuaca panas dan lembab, agar Anda tidak bangun dalam keadaan dehidrasi. (TIPS MAHI)
  • Yuk jaga berat badan agar seimbang. Kelebihan berat berat badan antara lain membuat tekanan darah meningkat, menyebabkan sakit liver, stroke, diabetes. Tapi tubuh yang terlalu kurus juga bisa menyebabkan osteoporosis, ketidakseimbangan menstruasi dan masalah kesehatan lain. (TIPS MAHI)
  • Protein merupakan salah satu jenis nutrisi yang paling penting bagi tubuh kita, berfunsi sebagai pembentuk sel dan jaringan. Bagi yang sedang dalam masa pertumbuhan, pembentukan otot membutuhkan protein dalam jumlah besar. (TIPS MAHI)
  • Alpukat dapat menjadi alternatif yang baik sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) pertama untuk bayi Anda. Buah ini merupakan sumber lemak baik yang mendukung perkembangan sistem saraf dan otak. Selain itu teksturnya yang lembut juga membuatnya mudah dicerna. Jika bayi Anda berusia 6-8 bulan, mulailah kenalkan alpukat sebagai MPASI. (TIPS MAHI)
  • Brunch adalah makan di antara jam sarapan (breakfast) dan makan siang (lunch). Di akhir minggu seperti ini, pasti banyak di antara Anda yang melakukannya. Jangan lupa sesuaikan waktu makan Anda untuk makan siang dan malam agar perut tak bekerja terlalu keras. (TIPS MAHI)
  • Yuk, hindari kebiasaan makan di depan TV. Ini menimbulkan kebiasaan buruk yang berakibat pada kegemukan, lho. Jika Anda melakukan hal lain ketika sedang makan, secara psikologis Anda akan segera mengasosiasikan kedua kegiatan ini. Selanjutnya, begitu TV dinyalakan, Anda akan terdorong untuk makan karena sudah terbiasa. (TIPS MAHI)
  • Kerak pada peralatan dapur seperti wajan dan panci merupakan hal yang sangat sering terjadi. Untuk membersihkannya, ambil baking soda secukupnya, kemudian taburkan pada bagian wajan yang berkerak tadi. Rendam wajan dalam air panas dan diamkan sekitar 15 menit, setelah itu cuci panci atau wajan dengan sabun pencuci piring. (TIPS MAHI)
  • Cobalah mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan, bukan dari suplemen. Suplemen tidak dapat menggantikan pola makan sehat, yang memasok nutrisi dan senyawa lain selain vitamin dan mineral. Tubuh juga lebih dapat menyerap nutrisi alami makanan daripada suplemen. (TIPS MAHI)
  • Adobo adalah nama hidangan dan cara memasak yang populer dari Filipina yang melibatkan daging atau seafood direndam atau dimasak dalam kuah yang kaya rasa, sehingga daging/seafood tadi ikut mendapatkan citarasanya. (TIPS MAHI)
  • Mari membuat saus salad sendiri di rumah. Proporsi dasar yang baik adalah dengan 2/3 sendok makan minyak zaitun, 1/3 cuka atau asam buah, sedikit madu. Bisa ditambahkan rempah-rempah kesukaan Anda. Saus salad buatan sendiri bisa terasa lebih enak, lebih murah dan hanya mengandung sedikit garam dan lemak. (TIPS MAHI)
  • Ingin menyimpan santan? Rebus santan dengan sedikit garam, dinginkan, taruh dalam kantong plastik dan simpan dalam freezer. Santan tahan disimpan hingga 1 bulan. Jika tidak diberi garam bisa tahan sekitar 2 hari. (TIPS MAHI)
  • Jika akan menyimpan makanan matang dalam lemari es, jangan lupa tutup dengan selembar plastik atau bungkus dengan ‘plastic wrap’ tipis/bening atau taruh dalam wadah tertutup. Jika terkena udara dingin, cairan dalam makanan akan terdorong ke luar dan makanan menjadi kering. (TIPS MAHI)
  • Saat memotong cabai, kadang tangan Anda menjadi terasa panas. Untuk menghilangkannya, cucilah kedua telapak tangan dengan air bersih, keringkan dengan lap kering. Ambil dua genggam beras, remas-remas dengan kedua telapak tangan. Bersihkan kembali dengan menggunakan lap kering. (TIPS MAHI)
  • Ada sisa roti tawar? Aduk mentega dengan sedikit keju dan merica bubuk, lalu oleskan pada permukaan roti. Potong-potong roti, kemudian panggang hingga kering. Jadilah camilan gurih atau pendamping sup yang lezat. (TIPS MAHI)
  • Brokoli termasuk salah satu sayuran yang paling sehat untuk dikonsumsi. Untuk memasaknya, sebentar saja agar vitaminnya tidak rusak dan warnanya tetap menarik. Jika terlalu matang, warnanya akan menjadi hijau kehitaman dan nutrisinya hilang, terutama vitamin C. Agar brokoli segar, rebus dengan air mendidih yang telah dicampur dengan 1/2 sdt garam. (TIPS MAHI)
  • Tahukah Anda, mengukus merupakan salah satu cara memasak yang paling sehat?  (TIPS MAHI)
  • Banyak sayuran yang berkhasiat selain sebagai bahan masakan, misalnya seledri sebagai obat hipertensi dan kangkung yang meredakan insomnia. Kenapa tidak menanamnya sendiri di rumah sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA)? (TIPS MAHI)
  • Tahukah Anda? Kacang dan biji-bijian sangat bermanfaat untuk daya tahan. Keduanya meningkatkan fungsi pembuluh darah, juga kaya akan vitamin E yang juga membantu mendukung respon kekebalan tubuh. (TIPS MAHI)
  • Santan yang tidak direbus dengan benar hasilnya akan memisah (pecah). Untuk menghindarinya, rebus santan dengan api kecil sambil terus diaduk pelan-pelan. Jangan sampai santan naik, matikan segera apinya jika santan mulai mendidih. (TIPS MAHI)
  • Anda sedang batuk? Ada cara tradisional untuk meredakannya. Ambil 3 ruas jahe, kupas, cuci bersih, lalu bakar. Keprak jahe yang sudah dibakar kemudian masukkan ke dalam segelas air mendidih, tambahkan gula batu secukupnya. (TIPS MAHI)
  • Sesekali, gantilah minyak tumis dan salad dressing anda dengan olive oil (minyak zaitun). Kandungan lemak tak jenuh gandanya sangat baik untuk jantung dan sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Minyak ini juga mengandung pholyphenol yang berfungsi sebagai antioksidan. (TIPS MAHI)
  • Sudah pernah mencoba beras merah? Kandungan zat besi, vitamin dan mineral dalam beras merah jauh lebih unggul daripada beras putih. Selain itu, ia juga mengandung banyak serat dan mengenyangkan, sehingga baik untuk diet. (TIPS MAHI)
  • Kesulitan mengupas tomat segar? Masukkan tomat ke dalam air mendidih sebentar, angkat, kemudian masukkan ke dalam air es. Kulit tomat akan mengerut dan mudah dikupas, bahkan menggunakan tangan. (TIPS MAHI)
  • Jagung akan lebih manis jika dikukus, bukan direbus. Jika direbus, rasa manisnya akan larut dalam air rebusan. Sisakan daun pembungkusnya saat mengukus agar jagung lebih renyah dan manis. (TIPS MAHI)
  • Untuk menghilangkan bau pada lemari es, letakkan cangkir kertas yang berisi arang pada rak terbawah. (TIPS MAHI)
  • Jika anak susah makan, beri garnish (hiasan) dari sayuran atau buah-buahan dengan bentuk dan warna yang bervariasi untuk meningkatkan nafsu makannya. (TIPS MAHI)
  • Daripada menambahkan irisan bawang putih langsung ke saus, tumis terlebih dahulu untuk mendapatkan rasa yang lebih ringan. Saat mencincang/mengiris bawang putih, taburi dengan sedikit garam sehingga potongan bawang putih tidak menempel pada pisau atau talenan. (TIPS MAHI)
  • Telur yang masih segar, kulitnya bertekstur kasar dan seperti kapur sedangkan telur yang tua kulitnya halus dan mengkilat. (TIPS MAHI)
  • Sudahkah Anda memperhatikan komposisi menu makan siang? Tubuh mencerna protein lebih lambat dari jenis makanan lain. Menyertakan protein dalam makan siang juga membuat Anda kenyang lebih lama, dan membuat tubuh lebih bertenaga. (TIPS MAHI)
  • Jika sup terasa terlalu asin, kupas dan masukkan kentang kemudian didihkan selama 15 menit. Kentang akan menyerap rasa asin yang berlebihan. Angkat kentang dan sup siap disajikan. (TIPS MAHI)
  • Untuk hidangan lebaran yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, pilihlah daging yang mengkilap, berwarna cerah, tidak berbau asam atau busuk. Saat dipegang daging terasa basah namun tidak lengket di tangan, elastis dan tidak lembek. (TIPS MAHI)
  • Saat memasak tiba-tiba terserang sakit kepala? Jangan takut. Ambil jeruk nipis, potong menjadi dua dan gosokkan pada dahi. Denyutan akan hilang dan acara memasakpun kembali lancar. (TIPS MAHI)
  • Untuk menghasilkan kaldu dengan cita rasa yang lezat gunakan perbandingan 2:1 antara cairan, baik itu air, santan, maupun susu dengan daging dan tulang. (TIPS MAHI)
  • Untuk mendapatkan kuah kaldu yang jernih, sebaiknya cuci daging/tulang sampai bersih. Rebus selama lima menit dan buang air rebusan pertama yang mengandung lemak. ganti dengan cairan yang baru, rebus lagi dengan api kecil sambil  membuang busa yang terapung. (TIPS MAHI)
  • Ketika memasak seafood, jangan merebusnya terlalu lama karena citarasa manis khas seafood stock akan hilang. 60 menit waktu yang maksimal untuk perebusan. Jangan lupa menambahkan beberapa potong jahe dan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. (TIPS MAHI)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

 

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Kadang kita menemukan kacang hijau yang masih keras atau mentah dalam bubur kacang hijau. Berarti kacang hijau dalam bubur tadi tidak rata matangnya. Untuk mengatasinya, sebelum dimasak remas-remaslah kacang hijau itu dengan air garam selama 2 sampai 5 menit. Cuci bersih, lalu masaklah sesuai dengan keinginan Anda. (TIPS MAHI)

Tak ingin dapur kotor dengan segala macam “sampah” saat memasak? Saat memarut, taruh parutan di dalam kantung plastik tembus pandang/bening, baru parut buah/sayuran/keju di dalam kantong plastik tadi. Hasil parutan tidak akan berserakan ke mana-mana. (TIPS MAHI)
Terong goreng merupakan menu yang cukup populer, tapi banyak yang tidak menyukainya karena biasanya sangat berminyak. Selain tidak sehat, tentu sifat terong yang menyerap minyak ini membuat penggunaan minyak menjadi boros. Untuk mengatasinya, rendamlah terlebih dahulu ke dalam air garam kira-kira 3 menit. Dengan cara ini terong tidak akan menyerap banyak minyak dan rasanya pun akan lebih nikmat. (TIPS MAHI)
Saat ini banyak tersedia makanan kemasan siap pakai yang terbuat dari berbagai bahan makanan seperti tepung beras, beras merah, kacang hijau dan sebagainya. Meskipun praktis, makanan kemasan ini memiliki banyak kekurangan. Selain mahal, bayi sering kali tidak bisa menghabiskan sekali 1 bungkus sekaligus, selain itu bayi tidak terlatih mengenal jenis dan tekstur bahan makanan. Namun sesekali mengenalkan bayi pada makanan seperti ini juga tidak ada salahnya sehingga apabila keadaan memaksa seperti dalam perjalanan, ia mau menyantapnya. (TIPS MAHI)
Beberapa orang lebih senang menggunakan santan asli karena rasanya yang tidak tergantikan oleh santan kemasan. Namun tentu merepotkan jika harus membelah kelapa setiap kali akan membutuhkan santan. Jadi, tidak ada salahnya Anda memroses kelapa untuk dijadikan santan sekaligus, kemudian disimpan untuk penggunaan selanjutnya. Caranya, peras santan dari kelapa, panaskan sebentar dengan api kecil sampai kurang lebih mencapai suhu 70o C. Kemudian masukan santan ke dalam plastik-plastik, biarkan agak dingin. Setelah suhunya tidak terlalu panas, Anda bisa memasukkan ke dalam freezer dan menyimpannya sesuai kebutuhan Anda. (TIPS MAHI)
Hindari penggorengan dengan wajan yang terbuat dari besi dan tembaga karena proses oksidasi yang terjadi antara minyak dan besi/ tembaga akan menyebabkan bau tengik. Karena itu, sebaiknya gunakan penggorengan dari stainless steel. (TIPS MAHI)
Tambahkan beberapa sendok makan air jeruk lemon pada saat memblender jus buah Anda. Selain memberikan sensasi rasa asam yang menyegarkan, air jeruk lemon juga membantu menghilangkan aroma dan rasa kurang enak pada buah-buah tertentu, seperti alpukat, pepaya dan jambu biji. (TIPS MAHI)
Jus adalah minuman segar yang tidak melalui proses dimasak, sehingga kesegaran dan kebersihan bahan harus benar-benar diperhatikan. Untuk jus buah, pilih buah yang matang dan segar agar mendapatkan rasa yang prima. Biasanya buah yang terlalu muda akan menghasilkan warna yang pucat dengan rasa asam tajam. Sedangkan buah yang kelewat matang teksturnya akan terlalu lunak dengan aroma menyengat. (TIPS MAHI)
Pernah mendengar mitos bahwa air putih membuat gemuk? Ternyata menurut studi, mitos itu tidak benar. Air putih justru sangat ideal untuk memperhalus fungsi-fungsi tubuh, bermanfaat saat kulit mengalami dehidrasi, dan berperan dalam regenerasi sel serta menghilangkan racun. Air dingin akan memperlancar metabolisme hingga 30 persen dan lemak akan terbakar dengan mudah. Lagipula, air dingin tidak mengandung kalori, sehingga tidak mungkin membuat gemuk. (TIPS MAHI)
Telur memang mengandung kolesterol dan lemak yang tinggi, Namun Anda bisa membuat telur menjadi lebih sehat dengan membuang kuning telurnya, karena ternyata kolesterol dalam sebutir telur, senilai 213 mg, seluruhnya terdapat pada kuning telur, sedangkan lebih dari separuh kandungan protein pada telur (6 gr) ada pada putih telurnya yaitu 4 gr. (TIPS MAHI)
Ketika membeli seafood dalam keadaan beku, perhatikan bahan makanan tersebut dalam keadaan kedap udara, tetapi dengan kelembaban yang terjaga. Jangan membeli seafood beku dengan kemasan yang sudah robek. Pilih kemasan seafood yang berada di bagian tengah. Jika memilih bagian yang paling bawah, kemungkinan seafood hancur lebih besar. Jika memilih kemasan yang paling atas, ada kemungkinan produk tersebut adalah produk yang sudah lama. (TIPS MAHI)
Tahukah Anda, makan sejumlah kecil kacang tanah setiap hari bisa mengurangi kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, dan bahkan merangsang penurunan berat badan. Kacang tanah memang mengandung lemak, sehingga diet kacang yang dianjurkan harus dibatasi sekitar 1 atau 2 ons kacang setiap hari, tetapi lemak yang terkandung dalam kacang tanah adalah lemak baik yaitu lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda sehingga cocok sebagai diet untuk menurunkan kolesterol. Kabar baik nih untuk yang suka selai kacang. (TIPS MAHI)
Kalau bisa, hidnari memakan bagian yang berwarna putih pada daging sapi. Bagian ini mengandung jaringan ikat, sehingga sulit dicerna tubuh. Sebelum turun ke fases, daging ini akan bertahan lama di lambung. Setelah itu, daging dari hidangan steak Anda kan sampai di usus 12 jari tanpa bisa dicerna. Hal ini akan membuat perut Anda terasa penuh dan tidak nyaman dalam waktu 24 jam. Biasanya, bagian daging yang berwarna putih juga banyak ditemukan pada bakso urat. (TIPS MAHI)
Tahukah Anda? Karena digunakan berkali-kali, minyak jelantah mengalami proses oksidasi, mirip seperti logam yang berkarat. Proses tersebut bisa dilihat dari berubahnya warna minyak menjadi kehitaman setelah menggoreng. Makanan yang teroksidasi dapat mengancam kesehatan sel-sel dalam saluran pencernaan, sehingga mengakibatkan infeksi, diare, mual, dan muntah. Yuk hentikan penggunaan minyak jelantah mulai hari ini! (TIPS MAHI)
Segelas susu, hangat atau dingin, dianjurkan dikonsumsi sebelum tidur bagi mereka yang menderita insomnia. Susu mengandung kalsium yang memberikan efek menenangkan. Susu juga mengandung triptofan, neurotransmitter untuk membantu tidur dan merelaksasikan otot. Jadi jika Anda sulit tidur, tidak ada salahnya minum susu. (TIPS MAHI)
Kelebihan konsumsi garam merupakan penyebab utama penyakit jantung baik di Amerika maupun seluruh dunia. Untuk mengurangi konsumsi garam, kurangi membeli makanan yang dijual dalam kemasan seperti plastik atau kaleng, karena penggunaan garam dalam makanan kemasan atau makanan olahan bukan hanya sebagai perasa, tetapi juga sebagai bahan pengawet. Dengan memasak di rumah asupan garam lebih terkontrol, Anda pun lebih terhindar dari penyakit jantung. (TIPS MAHI)
Untuk menghilangkan rasa pahit pada brokoli, beli atau panen brokoli yang berwarna hijau tua dan kuntum tunasnya yang masih tertutup rapat. Hindari brokoli yang berwarna kuning dan kuntum tunasnya terlihat mekar. Rasa brokoli menjadi lebih pahit seiring usia dan jika kuntum tunasnya mulai terbuka. Simpan brokoli di lemari es maksimal seminggu sebelum digunakan. Penyimpanan yang lebih lama akan memengaruhi rasa dan kualitas gizi brokoli. (TIPS MAHI)
Beli mentimun segar. Pastikan kulit mentimun berwarna hijau tanpa bintik-bintik kuning atau hitam. Mentimun yang berwarna kekuningan atau layu menunjukkan kurangnya kesegaran. Iris memanjang mentimun setebal kurang lebih 1 cm. Makan 2 potong setiap 2 jam untuk menyembuhkan kelebihan asam lambung. (TIPS MAHI)
Termasuk orang yang sering kelaparan setelah olahraga? Ini bukan hal yang aneh, sebab studi yang dimuat pada International Journal of Obesity menyatakan bahwa olah gerak bisa memicu dilepaskannya hormon ghrelin, yang menstimulasi rasa lapar. Hormon ini akan dikeluarkan secara otomatis untuk melindungi badan dari kehilangan bobot terlalu cepat. Untuk menyiasatinya, coba atur jadwal olahraga sebelum waktu makan. Menurut beberapa studi, jika kita makan sekitar 15-30 menit setelah olahraga, porsi yang disantap akan lebih sedikit dibandingkan bila makan sekitar satu jam setelah latihan. (TIPS MAHI)
Bayam yang kaya nutrisi dan antioksidan paling baik dimakan saat masih segar. Saat mulai layu, daun bayam akan kehilangan rasa dan sebagian kandungan nutrisinya. Bayam layu akan terasa lembek, kehilangan warna, dan agak berlendir. Jika disimpan dengan benar bayam akan tetap segar selama lebih dari seminggu. Cara terbaik untuk menyimpan bayam adalah dengan menyimpannya apa adanya di kulkas (bagian sayuran). Mencuci, memotong, atau mengemas justru akan membuat bayam cepat layu dan busuk. (TIPS MAHI)
Ahli nutrisi Oz Garcia, PhD rajin makan omelet putih telur setiap paginya. Omeletnya diisi dengan bawang, bayam, brokoli dan feta (keju Yunani). Selain mengenyangkan sampai jam makan siang, omelet putih telur tersebut mengandung protein yang dapat membuat gula darah tetap stabil, tetapi rendah kolesterol karena tidak memakai kuning telur. Menu ini juga cocok disantap oleh Anda yang diet diabetes. (TIPS MAHI)
Bagi Anda yang sedang berdiet, coba luangkan waktu sebelum tidur untuk merencanakan menu esok hari untuk diri sendiri, baik untuk makan pagi, makan siang, makan malam maupun kudapan di antaranya. Disiplin adalah kunci keberhasilan diet, jika Anda sudah menentukan jadwal dan menu makan, akan lebih mudah untuk mengatakan ‘tidak’ pada godaan-godaan yang datang. (TIPS MAHI)
Sebelum dimasak, daging sebaiknya dipotong-potong terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Potongan yang lebih kecil membuat daging akan lebih cepat empuk. Cuci daging hingga bersih, beri parutan 2-3 potong buah nanas ukuran sedang, kemudian rebuslah daging yang telah diberi parutan buah nanas dengan menggunakan air santan. Jika tidak ada air santan, dapat juga menggunakan air biasa. Setelah direbus sekitar 30 menit, maka daging akan matang dan empuk, siap diolah menjadi berbagai hidangan yang Anda inginkan. (TIPS MAHI)
Sebelum dimasak, daging sebaiknya dipotong-potong terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Potongan yang lebih kecil membuat daging akan lebih cepat empuk. Cuci daging hingga bersih, beri parutan 2-3 potong buah nanas ukuran sedang, kemudian rebuslah daging yang telah diberi parutan buah nanas dengan menggunakan air santan. Jika tidak ada air santan, dapat juga menggunakan air biasa. Setelah direbus sekitar 30 menit, maka daging akan matang dan empuk, siap diolah menjadi berbagai hidangan yang Anda inginkan. (TIPS MAHI)
Yuk kita biasakan matikan komputer atau TV satu jam sebelum tidur. Cahaya terang bisa mengalihkan perhatian Anda, sehingga otak lebih sulit beristirahat. Dengan membangun suasana tidur yang lebih tenang, Anda bisa tidur lebih lelap, dan tubuh menyesuaikan diri untuk bangun lebih awal dan lebih segar. (TIPS MAHI)
Untuk membersihkan blender / food processor, masukkan campuran air hangat dan beberapa tetes cairan pencuci piring ke dalam blender / food processor. Nyalakan blender / food processor selama beberapa menit. Buang air bekas cucian, cuci dan bilas seperti biasa. (TIPS MAHI)
Apel terkenal kaya akan serat, zat antioksidan dan vitamin C. Karena itu, apel bisa juga diandalkan sebagai penurun kolesterol. Sebaiknya apel dikonsumsi beserta kulitnya, karena di kulit inilah terdapat kandungan pektin (serat larut yang ampuh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol) dan antioksidan paling banyak. Kalau bisa, cari yang organik agar kulitnya tidak terkontaminasi pestisida. (TIPS MAHI)
Untuk menghilangkan lemak atau bau amis yang masih menempel pada peralatan makan, gosoklah dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 10-15 menit, cuci bersih dengan sabun dan bilas. (TIPS MAHI)
Agar pekerjaan mencuci piring lebih cepat dan lebih bersih, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan. Pertama buang atau sisihkan dahulu semua sisa makanan dari perangkat makan atau masak Anda. Kemudian rendam perabot tersebut dalam air. Cucilah dahulu yang paling tidak kotor, seperti gelas dan sendok garpu. Kemudian piring makan dan mangkuk. Terakhir, cucilah panel, penggorengan, dan peralatan masak lainnya. (TIPS MAHI)
Spons cuci piring yang dibiarkan terendam dalam larutan sabun cuci untuk waktu yang lama menyebabkan bau pada larutan cuci piring, karena bakteri dari sisa makanan bebas berkembang biak. Selesai dipakai, spons harus selalu dicuci bersih dan dikeringkan. Dan Jangan sekali-kali membiarkan spons cuci terendam dalam larutan sabun cuci untuk waktu yang lama, seperti ditinggalkan semalaman. (TIPS MAHI)
Tahukah Anda? Food Grade adalah satu istilah untuk menjelaskan golongan material yang layak dipakai untuk memproduksi perlengkapan makan. Suatu material dianggap Food Grade apabila material tersebut tidak akan memindahkan atau mentransfer zat-zat yang berbahaya/beracun ke makanan yang akan kita makan. Jadi, jangan lupa perhatikan status peralatan makan yang Anda beli, ya! (TIPS MAHI)
Untuk membersihkan peralatan makan dari kaca, gunakan air hangat atau air panas yang dicampur sedikit deterjen. Fungsinya untuk melenyapkan noda-noda yang melekat pada kaca agar mudah hilang. Bilas dengan air hingga bersih. Lap dengan kain yang lembut dan menyerap air hingga kering. (TIPS MAHI)
Membersihkan panci atau wajan berkerak dapat dibersihkan dengan cara menggunakanya untuk merebus air panas yang telah ditambahkan satu sendok teh baking soda. Diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit kemudian bersihkan dengan spons kawat. Cara ini bisa diaplikasikan terhadap perabotan berbahan stainless steel dan juga alumunium. (TIPS MAHI)
Tidur tak nyenyak seringkali merupakan hasil rendahnya tingkat serotonin. Serotonin dapat ditambah melalui memakan makanan yang memicu terbentuknya serotonin seperti ayam kalkun, produk susu, dan pisang. (TIPS MAHI)
Selama berabad-abad, madu dikenal sebagai ‘bahan bakar’ para olahragawan karena mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan. Dengan kata lain, madu adalah sumber energi instan. Hingga kini, dalam dunia olahraga madu diberikan sebelum pertandingan dan sebagai pengganti karbohidrat yang digunakan pada saat latihan, memulihkan stamina dan energi. (TIPS MAHI)
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sarapan berhubungan erat dengan kecerdasan mental. Sarapan memberikan nilai positif tarhadap aktivitas otak sehingga otak menjadi lebih cerdas, peka dan lebih mudah untuk berkonsentrasi. Mari budayakan sarapan! (TIPS MAHI)
Tahukah Anda, walaupun sama-sama diterjemahkan sebagai kuah kaldu di Indonesia, broth dan stock memiliki sedikit perbedaan. Dalam stock, bahan-bahan yang direbus perlahan (mis: tulang) semuanya diangkat sehingga hanya tersisa kuah kaldu yang jernih. Dalam broth, bahan-bahan rebusan yang digunakan untuk memberi rasa pada kuah kaldu masih ditinggalkan sebagian. (TIPS MAHI)
Yogurt memiliki khasiat menurunkan kolesterol dan mencegah perkembangan bakteri penyebab penyakit, sedangkan almond mengandung sekitar 3,5 gram serat per 20 gram-nya. (TIPS MAHI)
Anda suka sushi? Ikan salmon yang populer sebagai sushi atau sashimi ini dikenal kaya akan protein dan lemak asam omega-3 yang bagus untuk jantung. Beberapa pakar merekomendasikan untuk mengkonsumsi ikan ini untuk kesehatan jantung Anda. (TIPS MAHI)
Pertimbangkan oatmeal untuk menu sarapan Anda. Oat merupakan biji-bijian murni yang kaya akan vitamin, mineral, serta serat efektif untuk menurunkan kolesterol. Diet yang kaya oat akan mengurangi resiko penyakit jantung. Beberapa penilitian menunjukkan bagaimana oat juga mampu mencegah beberapa jenis kanker tertentu. (TIPS MAHI)
Susu merupakan salah satu menu wajib dalam sarapan, tapi apakah Anda sudah memilih jenis susu yang tepat? Susu bubuk memang lebih praktis dan awet, akan tetapi proses pengolahan susu segar menjadi bubuk mengakibatkan kerusakan vitamin, mineral dan protein sebesar 30%, sehingga kita tidak mendapatkan manfaat yang optimal dari susu. (TIPS MAHI)
Salah satu manfaat sarapan adalah menyiapkan tubuh untuk olahraga. Gula darah Anda berada dalam level yang rendah pada pagi hari, yang dapat menyebabkan Anda pusing dan cepat lelah jika Anda melakukan latihan beban tanpa sarapan terlebih dahulu. Oleh karena itu, Anda harus makan satu jam sebelum berlatih, terutama yang mengandung karbohidrat dan protein, untuk mengoptimalkan level gula darah Anda. (TIPS MAHI)
Minggu pagi adalah waktu yang cocok untuk berolahraga. Jika Anda merencakanan untuk melakukan latihan esok pagi, maka pastikan malam ini Anda tidur cukup. Performa latihan Anda akan jauh lebih baik jika Anda telah beristirahat dengan cukup dan tidur dengan nyenyak di malam hari. Kurang tidur akan menurunkan performa dan hasil latihan Anda di pagi harinya, seperti lambatnya detak jantung dan metabolisme serta rendahnya tekanan darah. Akibatnya, Anda malah bisa pusing atau pingsan karena berolahraga. (TIPS MAHI)
Selalu sediakan kertas tissue ketika mengudap goreng-gorengan. Selain untuk membersihkan minyak yang menempel di sekitar mulut, Anda juga bisa menggunakannya untuk menyerap minyak berlebih dari gorengan yang Anda makan. Dengan demikian Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi minyak goreng sehingga berbahaya bagi kesehatan. (TIPS MAHI)
Tahukah Anda, semakin bervariasi warna sayuran dalam sebuah masakan, semakin sehat masakan tersebut? Ini karena setiap warna seperti jingga, merah, hijau mewakili nilai gizinya sendiri-sendiri yang saling melengkapi satu sama lain. Itulah yang membuat Sup Sayuran menjadi menu wajib keluarga di Indonesia sejak sekian lama. Anda bisa menambahkan ayam, sosis atau bola daging sesuai kesukaan keluarga Anda. (TIPS MAHI)
Survei Indonesia Basic Health Research/RISKEDA tahun 2007 menunjukkan 90,7 persen orang menggosok gigi saat mandi dan di sore hari. Ini berarti kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur belum membudaya di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal menurut Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) waktu terpenting untuk menyikat gigi adalah setelah makan dan sebelum tidur. Apakah Anda sudah menyikat gigi di jam-jam yang benar? (TIPS MAHI)
Sedang mempertimbangkan menu makan malam? Daging-daging olahan seperti daging asap, burger atau sosis mengandung asam amino tyramine yang cukup tinggi. Zat ini akan memicu otak untuk melepas norepinephrine, yang membuat Anda selalu terjaga semalaman suntuk. Sebaiknya pilihlah daging ikan, ayam atau daging sapi segar untuk makan malam. (TIPS MAHI)
Percaya tidak, saat tidur di malam hari, cadangan energi Anda menurun. Ini karena fungsi-fungsi yang tampak ‘otomatis’ seperti pernafasan, peredaran darah, menjaga suhu tubuh dan lain-lain juga membutuhkan energi walaupun saat tidur. Karena itu, sebelum beraktivitas, jangan pernah melewatkan sarapan pagi agar energi kembali terisi. (TIPS MAHI)
Menurut sebuah pepatah Belanda, “negeri yang banyak menghasilkan ikan hering dapat hidup dengan sedikit dokter.” Maksud dari pepatah tersebut adalah banyaknya kebaikan yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi ikan laut, seperti makarel, sarden, dan teri. (TIPS MAHI)
Sup adalah menu paling populer di musim hujan. Selain karena kehangatannya yang cocok disantap saat cuaca dingin, juga karena sup memiliki khasiat meredakan penyakit influenza, demam, batuk dan penyakit lainnya yang banyak terdapat di musim seperti ini. (TIPS MAHI)
SARAPAN memiliki manfaat yang besar buat kita. Kegiatan makan di pagi hari tersebut mampu meningkatkan prestasi belajar dan konsentrasi, termasuk terhindarkan dari kondisi kegemukan. Yuk sarapan!🙂 (TIPS MAHI)
Biasanya karena lelah bekerja selama seminggu penuh, akhir pekan kita gunakan untuk beristirahat dan bersantai di rumah. Tapi hati-hati, tubuh juga perlu olahraga agar tetap sehat lho. Gerak badan yang teratur dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung, obesitas, dan banyak penyakit lain. Kualitas hidup pun terjaga selalu.🙂 (TIPS MAHI)
Biasanya karena lelah bekerja selama seminggu penuh, akhir pekan kita gunakan untuk beristirahat dan bersantai di rumah. Tapi hati-hati, tubuh juga perlu olahraga agar tetap sehat lho. Gerak badan yang teratur dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung, obesitas, dan banyak penyakit lain. Kualitas hidup pun terjaga selalu.🙂 (TIPS MAHI)
Meskipun masih banyak yang mengalami kelaparan dan kekurangan gizi, tidak sedikit lho bantuan kemanusiaan yang memberikan bantuan berupa bahan makanan dan imunisasi untuk menguranginya. Mari kita berdoa semoga ke depan tingkat kelaparan dan kekurangan gizi bisa semakin berkurang. (TIPS MAHI)
Asupan nutrisi berpengaruh terhadap daya ingat manusia. Penelitian terhadap 185 remaja Costa Rica menunjukkan bahwa mereka yang selama lima tahun pertama usianya mengalami kekurangan zat besi tak pernah lulus tes daya ingat & daya kemampuan belajar, dan semakin besar kekurangan tersebut maka semakin buruk pula kondisinya bersamaan dengan bertambahnya umur mereka. (TIPS MAHI)
Cegah kekurangan gizi untuk anak dengan cara memberikan asupan nutrisi dan gizi yang tepat di setiap porsi makan anak Anda. Tambahan protein dari susu sangat membantu untuk metabolisme mereka. (TIPS MAHI)
Santaplah sarapan sepagi mungkin, ini akan memberikan energi yang bagus untuk metabolisme tubuh. Jangan pernah lupakan sarapan karena ini merupakan elemen penting untuk pola makan sehat. (TIPS MAHI)
Jika Anda sibuk, memberikan sedikit pengetahuan mengenai nutrisi dan gizi yang baik kepada asisten rumah tangga dapat membantu agar keluarga Anda senantiasa mendapatkan asupan makanan yang sehat. (TIPS MAHI)
Mulailah hari Anda dengan sarapan yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi membuat anak-anak lebih baik di sekolah. Orang dewasa yang terbiasa sarapan pagi juga mempunyai kinerja lebih baik di kantor. (TIPS MAHI)
Jangan lupa minum segelas air sebelum tidur, terutama jika cuaca panas dan lembab, agar Anda tidak bangun dalam keadaan dehidrasi. (TIPS MAHI)
Yuk jaga berat badan agar seimbang. Kelebihan berat berat badan antara lain membuat tekanan darah meningkat, menyebabkan sakit liver, stroke, diabetes. Tapi tubuh yang terlalu kurus juga bisa menyebabkan osteoporosis, ketidakseimbangan menstruasi dan masalah kesehatan lain. (TIPS MAHI)
Protein merupakan salah satu jenis nutrisi yang paling penting bagi tubuh kita, berfunsi sebagai pembentuk sel dan jaringan. Bagi yang sedang dalam masa pertumbuhan, pembentukan otot membutuhkan protein dalam jumlah besar. (TIPS MAHI)
Alpukat dapat menjadi alternatif yang baik sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) pertama untuk bayi Anda. Buah ini merupakan sumber lemak baik yang mendukung perkembangan sistem saraf dan otak. Selain itu teksturnya yang lembut juga membuatnya mudah dicerna. Jika bayi Anda berusia 6-8 bulan, mulailah kenalkan alpukat sebagai MPASI. (TIPS MAHI)
Brunch adalah makan di antara jam sarapan (breakfast) dan makan siang (lunch). Di akhir minggu seperti ini, pasti banyak di antara Anda yang melakukannya. Jangan lupa sesuaikan waktu makan Anda untuk makan siang dan malam agar perut tak bekerja terlalu keras. (TIPS MAHI)
Yuk, hindari kebiasaan makan di depan TV. Ini menimbulkan kebiasaan buruk yang berakibat pada kegemukan, lho. Jika Anda melakukan hal lain ketika sedang makan, secara psikologis Anda akan segera mengasosiasikan kedua kegiatan ini. Selanjutnya, begitu TV dinyalakan, Anda akan terdorong untuk makan karena sudah terbiasa. (TIPS MAHI)
Kerak pada peralatan dapur seperti wajan dan panci merupakan hal yang sangat sering terjadi. Untuk membersihkannya, ambil baking soda secukupnya, kemudian taburkan pada bagian wajan yang berkerak tadi. Rendam wajan dalam air panas dan diamkan sekitar 15 menit, setelah itu cuci panci atau wajan dengan sabun pencuci piring. (TIPS MAHI)
Cobalah mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan, bukan dari suplemen. Suplemen tidak dapat menggantikan pola makan sehat, yang memasok nutrisi dan senyawa lain selain vitamin dan mineral. Tubuh juga lebih dapat menyerap nutrisi alami makanan daripada suplemen. (TIPS MAHI)
Adobo adalah nama hidangan dan cara memasak yang populer dari Filipina yang melibatkan daging atau seafood direndam atau dimasak dalam kuah yang kaya rasa, sehingga daging/seafood tadi ikut mendapatkan citarasanya. (TIPS MAHI)
Mari membuat saus salad sendiri di rumah. Proporsi dasar yang baik adalah dengan 2/3 sendok makan minyak zaitun, 1/3 cuka atau asam buah, sedikit madu. Bisa ditambahkan rempah-rempah kesukaan Anda. Saus salad buatan sendiri bisa terasa lebih enak, lebih murah dan hanya mengandung sedikit garam dan lemak. (TIPS MAHI)
Ingin menyimpan santan? Rebus santan dengan sedikit garam, dinginkan, taruh dalam kantong plastik dan simpan dalam freezer. Santan tahan disimpan hingga 1 bulan. Jika tidak diberi garam bisa tahan sekitar 2 hari. (TIPS MAHI)
Jika akan menyimpan makanan matang dalam lemari es, jangan lupa tutup dengan selembar plastik atau bungkus dengan ‘plastic wrap’ tipis/bening atau taruh dalam wadah tertutup. Jika terkena udara dingin, cairan dalam makanan akan terdorong ke luar dan makanan menjadi kering. (TIPS MAHI)
Saat memotong cabai, kadang tangan Anda menjadi terasa panas. Untuk menghilangkannya, cucilah kedua telapak tangan dengan air bersih, keringkan dengan lap kering. Ambil dua genggam beras, remas-remas dengan kedua telapak tangan. Bersihkan kembali dengan menggunakan lap kering. (TIPS MAHI)
Ada sisa roti tawar? Aduk mentega dengan sedikit keju dan merica bubuk, lalu oleskan pada permukaan roti. Potong-potong roti, kemudian panggang hingga kering. Jadilah camilan gurih atau pendamping sup yang lezat. (TIPS MAHI)
Brokoli termasuk salah satu sayuran yang paling sehat untuk dikonsumsi. Untuk memasaknya, sebentar saja agar vitaminnya tidak rusak dan warnanya tetap menarik. Jika terlalu matang, warnanya akan menjadi hijau kehitaman dan nutrisinya hilang, terutama vitamin C. Agar brokoli segar, rebus dengan air mendidih yang telah dicampur dengan 1/2 sdt garam. (TIPS MAHI)
Tahukah Anda, mengukus merupakan salah satu cara memasak yang paling sehat?  (TIPS MAHI)
Banyak sayuran yang berkhasiat selain sebagai bahan masakan, misalnya seledri sebagai obat hipertensi dan kangkung yang meredakan insomnia. Kenapa tidak menanamnya sendiri di rumah sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA)? (TIPS MAHI)
Tahukah Anda? Kacang dan biji-bijian sangat bermanfaat untuk daya tahan. Keduanya meningkatkan fungsi pembuluh darah, juga kaya akan vitamin E yang juga membantu mendukung respon kekebalan tubuh. (TIPS MAHI)
Santan yang tidak direbus dengan benar hasilnya akan memisah (pecah). Untuk menghindarinya, rebus santan dengan api kecil sambil terus diaduk pelan-pelan. Jangan sampai santan naik, matikan segera apinya jika santan mulai mendidih. (TIPS MAHI)
Anda sedang batuk? Ada cara tradisional untuk meredakannya. Ambil 3 ruas jahe, kupas, cuci bersih, lalu bakar. Keprak jahe yang sudah dibakar kemudian masukkan ke dalam segelas air mendidih, tambahkan gula batu secukupnya. (TIPS MAHI)
Sesekali, gantilah minyak tumis dan salad dressing anda dengan olive oil (minyak zaitun). Kandungan lemak tak jenuh gandanya sangat baik untuk jantung dan sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Minyak ini juga mengandung pholyphenol yang berfungsi sebagai antioksidan. (TIPS MAHI)
Sudah pernah mencoba beras merah? Kandungan zat besi, vitamin dan mineral dalam beras merah jauh lebih unggul daripada beras putih. Selain itu, ia juga mengandung banyak serat dan mengenyangkan, sehingga baik untuk diet. (TIPS MAHI)
Kesulitan mengupas tomat segar? Masukkan tomat ke dalam air mendidih sebentar, angkat, kemudian masukkan ke dalam air es. Kulit tomat akan mengerut dan mudah dikupas, bahkan menggunakan tangan. (TIPS MAHI)
Jagung akan lebih manis jika dikukus, bukan direbus. Jika direbus, rasa manisnya akan larut dalam air rebusan. Sisakan daun pembungkusnya saat mengukus agar jagung lebih renyah dan manis. (TIPS MAHI)
Untuk menghilangkan bau pada lemari es, letakkan cangkir kertas yang berisi arang pada rak terbawah. (TIPS MAHI)
Jika anak susah makan, beri garnish (hiasan) dari sayuran atau buah-buahan dengan bentuk dan warna yang bervariasi untuk meningkatkan nafsu makannya. (TIPS MAHI)
Daripada menambahkan irisan bawang putih langsung ke saus, tumis terlebih dahulu untuk mendapatkan rasa yang lebih ringan. Saat mencincang/mengiris bawang putih, taburi dengan sedikit garam sehingga potongan bawang putih tidak menempel pada pisau atau talenan. (TIPS MAHI)
Telur yang masih segar, kulitnya bertekstur kasar dan seperti kapur sedangkan telur yang tua kulitnya halus dan mengkilat. (TIPS MAHI)
Sudahkah Anda memperhatikan komposisi menu makan siang? Tubuh mencerna protein lebih lambat dari jenis makanan lain. Menyertakan protein dalam makan siang juga membuat Anda kenyang lebih lama, dan membuat tubuh lebih bertenaga. (TIPS MAHI)
Jika sup terasa terlalu asin, kupas dan masukkan kentang kemudian didihkan selama 15 menit. Kentang akan menyerap rasa asin yang berlebihan. Angkat kentang dan sup siap disajikan. (TIPS MAHI)
Untuk hidangan lebaran yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, pilihlah daging yang mengkilap, berwarna cerah, tidak berbau asam atau busuk. Saat dipegang daging terasa basah namun tidak lengket di tangan, elastis dan tidak lembek. (TIPS MAHI)
Saat memasak tiba-tiba terserang sakit kepala? Jangan takut. Ambil jeruk nipis, potong menjadi dua dan gosokkan pada dahi. Denyutan akan hilang dan acara memasakpun kembali lancar. (TIPS MAHI)
Untuk menghasilkan kaldu dengan cita rasa yang lezat gunakan perbandingan 2:1 antara cairan, baik itu air, santan, maupun susu dengan daging dan tulang. (TIPS MAHI)
Untuk mendapatkan kuah kaldu yang jernih, sebaiknya cuci daging/tulang sampai bersih. Rebus selama lima menit dan buang air rebusan pertama yang mengandung lemak. ganti dengan cairan yang baru, rebus lagi dengan api kecil sambil  membuang busa yang terapung. (TIPS MAHI)
Ketika memasak seafood, jangan merebusnya terlalu lama karena citarasa manis khas seafood stock akan hilang. 60 menit waktu yang maksimal untuk perebusan. Jangan lupa menambahkan beberapa potong jahe dan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. (TIPS MAHI)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s